Sektor Pertanian Sayur Mayur di Kecamatan Kramatwatu Miliki Pontensi Besar

serangtimur.co.id
Kamis, Juli 30, 2020 | 00:07 WIB Last Updated 2020-07-29T17:07:13Z


SERANG (STC) - Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang memiliki sekitar 2.360 ha lahan pertanian, dan dari Empat Desa yang ada di Kecamatan Kramatwatu memiliki cukup lahan sayur-mayur yang sangat berpotensi.

Seperti yang di katakan Kasi Ekbang Kecamatan Kramatwatu Mamak Abror saat meninjau lahan pertani yang menama sayur-mayur. Ia menyebutkan, di beberapa Desa di Kecamatan Kramatwatu ada lahan sayuran yang bentuknya Surjan (suatu sistem pertanaman campuran).

"Ada beberapa Desa yang memiliki potensi di bidang pertanian sayur mayur, seperti Desa Pejaten, Desa Toyomerto, Desa Tonjong, dan Desa Pegadingan," kata Kang Mamak, panggil akrabnya, saat meninjau perkebunan sayur mayur, Rabu (29/7/2020).

Menurutnya, selain petani sayur mayur, 5 Desa lainnya, juga memiliki pertanian bawang merah sekitar 215 ha. Desa Tonjong 160 ha, Desa Toyomerto 40 ha, Desa Pejaten 10 ha dan Desa Teluk Terate 5 ha dan Desa Pegadingan.

Namun, lanjut Mamak, biasanya jika tidak menanam bawang merah, para petani juga menanam sayur mayur  seperti sawi, bayam, kemangi, kangkung, tomat, cabai dan terong yang sangat mudah di jumpai, terutama di Kampung Cibelut dan Kampung Tegal Tanjung Desa Pegadingan, serata di Kampung Kejayan Desa Pejaten.

"Kami Pemerintah Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang akan selalu mendukung semua kegiatan yang di selenggarakan untuk mengajak masyarakat petani untuk lebih maju dan sejahtera apalagi sebagian besar masyarakat dengan mata pencaharianya bertumpu pada sektor pertanian," ujarnya.

Mamak juga menegaskan, jika sektor pertanian ini memiliki potensi yang cukup besar sebagai salah satu sumber pendapatan masyarakat, sekaligus sebagai potensi yang perlu di olah dan di kembangkan secara terus menerus.

"Kami harapkan, kedepan sektor ini dapat memberikan kontribusi yang lebih besar lagi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat," tukasnya.

#Ansori
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sektor Pertanian Sayur Mayur di Kecamatan Kramatwatu Miliki Pontensi Besar

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan