Berdayakan Masyarakat di Tengah Pandemi, Mahasiswa Undip KKN di Kota Serang



SERANG | Situasi pandemi seperti sekarang ini membuat Undip membentuk Tim II KKN Undip 2020 untuk mengabdi di daerah tempat tinggal mahasiswanya masing - masing.

KKN tahun ini, Undip mengusung tema Pemberdayaan Masyarakat Di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis Pada Tujuan Pembangunan Keberlanjutan (SDGs). Selama 5 minggu diadakannya KKN, setiap mahasiswa diharapkan membuat dan melaksanakan dua program.

Salah satu mahasiswa Fakultas Kedokteran Undip Afina Yuliani Putri, yang berasal dari Serang mengadakan program upaya pencegahan stunting di Kota Serang dengan cara memberikan edukasi kepada ibu hamil dan ibu dengan bayi di bawah dua tahun mengenai pengertian umum apa itu stunting dan penyebabnya hingga rekomendasi cara memberikan MPASI pada bayi di atas 6 bulan.

Di masa pandemi seperti sekarang ini mengharuskan Pos Pelayanan Keluarga Berencana - Kesehatan Terpadu atau biasa dikenal Posyandu untuk menghentikan kegiatannya sejenak.

Namun, mulainya penerapan New Normal berlaku pula pada pelaksanaan Posyandu di Kota Serang. Diadakan sebanyak 16 perwakilan Posyandu dari setiap kelurahan di Kota Serang sebagai percontohan pengadaan Posyandu di era pandemi ini.

Kegiatan yang dilakukan di 3 Posyandu (Walantaka, Kalodran, dan Unyur) percontohan di Kota Serang ini didukung dan ditemani oleh tim gizi Dinkes Kota Serang.

Banyaknya ibu yang masih asing dengan istilah stunting sangat mengkhawatirkan dan membuat program edukasi ini penting untuk dilakukan.

Edukasi stunting dengan media flyer ini diharapkan dapat memberi pengetahuan serta kesadaran ibu untuk dapat lebih memperhatikan gizi anak sehingga terhindar dari stunting.

#Rls_Red

Post a Comment

0 Comments