H. Tb Masduki Apresiasi 12 Progam Commander Wish Kapolda Banten Irjen Pol Dr Rudy Heriyanto Adi Nugroho

H. Tubagus Masduki (Tokoh Banten)

SERANG | Sosok H. Tb. Masduki dan peran ketokohannya di Bumi Jawara Banten, serta memiliki kiprah yang panjang dalam dunia usaha khususnya dibidang Bongkar Muat Pelabuhan putra kelahiran Serang pada tanggal 3 Maret 1972, menyampaikan apresiasi terhadap program Commander Wish Kapolda Banten Irjen Pol Dr Rudy Heriyanto Adi Nugroho, SH., MH., M.B.A.


Diketahui, H.Tb.Masduki dalam membantu dan ikut mebesarkan para pengusaha lokal menjadi lebih di daerahnya masing-masing. Investasi sosial yang selama ini H.Tb.Masduki bangun untuk pengembangan budaya Banten khususnya Seni budaya Debus akhirnya menjadi branding yang melekat dikalangan masyarakat banten terhadap H.Tb.Masduki


Sosok yang cukup kharismatik dan humanis memudahkan H.Tb.Masduki menyapa diterima diberbagai lapisan masyrakat. Dan di kalangan Kiai ulama, H.Tb.Masduki bertekad untuk mengangkat harkat dan martabat Kiai, Ustad dan para Santri Salafiyah.


Sementara, dikalangan perguron H.Tb.Masduki dengan sukarela ikut membantu mengembangkan sekaligus memberayakan anggota para peruguron yang ada di Banten, para pegiat seni budaya Banten membranding H.Tb.Masduki sebagai Sosok yang peduli akan kebudayaan Banten.


"Artinya, 12 Progam Commander Wish yang di gagas Kapolda Banten, sama seperti yang kami harapkan," kata H. Tb. Masduki kepada media, Sabtu (16/1/2021).


Jika ditautkan, dari 12 progam Commander Wish Kapolda Banten, lanjut H. Tb Masduki sudah pasti dapat mempererat segala kalangan, terutama para ulama dan tokoh di Banten.


"Sosok Kapolda seperti ini yang pasti diharapkan masyarakat Banten," ujar pelestari budaya Paku Banten dan menjabat Ketua DPP dewan penasehat TTKKDH.


Diketahui, 12 program Commander Wish Kapolda Banten, pertama yaitu Ngaji Bareng Kapolda, kedua Rukun Ulama Umaro, ketiga Yuk ngopi wae, keempat Subuhan keliling, kelima Saba Pesantren, keenam Sowan Sesepuh, ke tujuh Ronda Siskamling, ke delapan Guyub TNI-Polri, kesembilan Sinergi 3 Pilar, sepuluh Warung Jum’at, sebelas Polisi sayang anak yatim, dan yang terakhir ke dua belas penguatan manajemen media.




"Kami harapkan, apa yang menjadi program Kapolda Banten ini, bisa meningkatkan sinergitas antara Polri dan semua lapisan masyarakat di bumi Jawara ini," pungkasnya.


Sosok H. Tb. Masduki


Pengalaman International khususnya dibidang Tata kelola Kemaritiman di benua Eropa yang dimiliki oleh H.Tb.Masduki juga bisa menjadi modal besar dalam membangun Poros kebangkitan Kemaritiman di Banten.


Sejarah mencatat 1726, Pelabuhan karang hantu Banten menjadi Pelabuhan International yang besar dan menjadi pusat perniagaan dunia International. Potensi inilah yang harus gali kembali oleh sosok H.Tb.Masduki sebagai seorang yang memiliki pengalaman dibidang tata kelola kemaritiman.


Selain Ketua Bidang Organisasi Perusahaan Bongkar Muat Se-Indonesia H.TB.Masduki juga pernah menjadi Duta Kemaritiman ke Eropa mewakili Indonesia penyelesaian masalah duelibg time dan Penentuan Tarif setelah berkiprah di internasional kembali ke Banten.


Sisi keunikan lain yang ada pada H.Tb.Masduki adalah hampir disemua Organisasi Masyarakat (ORMAS) yang ikuti oleh H.Tb.Masduki, baik ditingkat daerah ataupun ditingkat Nasional, sosok H.Tb.Masduki selalu di tuakan atau di tokohkan untuk menjadi Dewan Penasehat atau Dewan Pembina, mungkin karena Aura Duriyat Kebantenan yang secara fitrah sudah begitu melekat pada diri H.Tb.Masduki. 


Tahun 2012 terjadi degradasi hebat di Banten, runtuhnya nilai-nilai kebantenan yang disebabkan tata kelola pemerintah provinsi yang korup, menjadikan Banten tidak lagi dilihat sebagai daerah yang religius, berbudaya dan tinggi akan nilai-nilai sejarah bangsa ini, gelar Tubagus dan Ratu menjadi cemar akibat distorsi yang melekat pada kepala daerah yang memimpin Provinsi Banten pada saat itu.


Dikalangan Pegiat sejarah banten tentu mengembalikan Marwah Banten sebagai daerah yang Religius, berbudaya, Bersejarah dan Bermartabat tidak semua membalikan telapak tangan, marwah Kebantenan yang luhur berbudaya dan Bermartabat memerlukan Sosok dan Figur Baru yang bisa diterima oleh semua kalangan masyarakat Banten.


Sifat Kiai dan Jawara yang menjadi ciri khas jiwa dan karakteristik banten harus tercermin dalam sikap Intelektulitas Banten, sosok inilah yang bisa diperlukan untuk mau membangkitkan sekaligus menjaga kembali marwah atau nilai-nilai kebantenan yang Luhur, Berbudaya dan bermartabat.


Dalam berbagai diskusi dikalangan Intelektual Muda banten Sosok H.Tb.Masduki yang sudah memiliki Investasi Panjang dibidang usaha, sosial, budaya banten dan bisa merangkul berbagai kalangan dan lapisan masyarakat menjadi Sebuah Harapan Baru bagi Masyarakat Banten.


Banten memerlukan sosok yang secara konsisten dan Ikhlas untuk menjaga Marwah dan Nilai-nilai kebantenan dan itu ada pada sosok H. Tb. Masduki.


Banten yang kaya akan sumber daya alam, dengan peta Kemaritim-an yang startegis dan memiliki nilai jual yang sangat signifikan, adalah modal dalam mensejahterakan masyarakat banten, tinggal bagaimana kendali tata kelola dilakukan dengan jujur, amanah dan benar, dan ini memerlukan sosok yang juga memiliki wawasan kearah penggalian sumber daya alam, laut dan strategy yang jitu dalam pengelolaan yang berorientasi pada kesejahteraan masyrakat Banten.


Semoga Sosok H.Tb. Masduki bisa membawa Amanah Kebantenan secara menyeluruh untuk kebangkitan dan kesejahteraan masyarakat Banten dan itu menjadi harapan kita bersama. Amiin.


#Redaksi

Posting Komentar

0 Komentar