Diduga Jadi Makelar Kasus, Oknum Lawyer dan Ses Jamdatun Dilaporkan ke Polisi

serangtimur.co.id
Sabtu, Maret 27, 2021 | 17:53 WIB Last Updated 2021-03-27T10:53:25Z

JAKARTA | Advokat Jaka Maulana, SH dari LQ Indonesia Lawfirm mendapatkan kuasa dari korban penipuan SK (52thn) untuk membuat Laporan Polisi dugaan Penipuan pasal 378 KUH Pidana. LP No 1671/III/ YAN 2.5 /2021 / SPKT PMJ Tanggal 26 Maret 2021 tertera nama Natalia Rusli dan Chaerul Amir sebagai Terlapor dengan pasal 378 Penipuan, pelapor Jaka Maulana. 


Laporan polisi, berawal dari Christian Halim anak kandung SK yang ditahan di Polda Jatim karena masalah sengketa infrastruktur.


SK bertemu dengan Natalia Rusli yang mengaku sebagai pengacara dan dijanjikan untuk menangguhkan penahanan anaknya yang ditahan di Polda Jawa Timur, melalui Chaerul Amir, pejabat Tinggi Kejagung yang saat itu menjabat sebagai SES JAMPIDUM (saat ini SES JAMDATUN). 


Karena diyakinkan oleh Natalia Rusli bahwa pihak lawan Christeven Mergonoto yang adalah anak Perusahaan Kapal Api (pelapor anaknya) sudah mengkondisikan kejaksaan Tinggi Jatim hingga riinfokan bahwa Jampidum kata Natalia sudah diberikan saham Excelso oleh Pihak Grup Kapal Api dan Pengadilan Negeri Surabaya juga sudah dikondisikan.


Lebih lanjut Natalia menjelaskan Chaerul Amir selaku SES JAMPIDUM mampu memberikan penangguhan penahanan bagi anaknya SK yang ditahan dengan imbalan uang 500 juta, maka SK menyerahkan uang sejumlah 500 juta dalam pecahan 100 dollar US kepada Natalia Rusli.


"Karena rasa khawatir bahwa anak saya Christian Halim sudah di setup oleh pihak lawan (Grup Kapal Api) dimana Christeven Mergonoto anak pemilik Kapal Api sebagai pelapor kasus Christian Halim di Jawa timur, maka demi melepaskan anak saya, saya percaya kata-kata Natalia Rusli dan Chaerul Amir yang bilang akan membantu penanguhan anak saya melalui Kepala kejati Jatim, saya serahkan 500 juta uang hasil jual mobil pribadi saya," katanya.


Kata Natalia Rusli, hanya SES JAMPIDUM yang mampu mengimbangi oknum Jaksa yang sudah disuap oleh Pihak lawan.


Dalam beberapa hari, saya dipertemukan oleh Natalia Rusli dengan Chaerul Amir (Sesjampidum) sehingga saya makin percaya bahwa mereka berdua mampu menolong anak saya yang di zolimi. Karena ketika saya cek benar adanya orang yg dipertemukan Natalia itu adalah SES JAMPIDUM. 


Namun kenyataan berbicara lain ujar Ibu SK, Natalia ternyata kembali meminta uang sejumlah 1 Milyar rupiah dalam pecahan 100 US Dollar, katanya untuk mengurangi tuntutan jaksa, dari sana saya mulai ragu. Juga saya sudah tidak ada uang lagi.


Anak saya belum keluar dari tahanan, kenapa menawarkan pengurangan tuntutan? Sehingga saya menolak, memberikan 1 Milyar. Ternyata, penangguhan penahanan yang dijanjikan tidak kunjung turun dan sidang berlanjut hingga hari ini tetap Christian Halim ditahan. 


Mengetahui SK menjadi korban penipuan maka SK memberikan kuasa ke LQ Indonesia Lawfirm untuk mengadukan kejadian ini ke kepolisian, ujar Advokat Jaka Maulana.


"Informasi dari Natalia dan SESJAMPIDUM bahwa pihak lawan sudah mengkondisikan jaksa di kejati Jatim yang memegang berkas Christian adalah Jaksa Dhini Kasubsi Oharda dan disebutkan ketika perkara masih di kepolisian bahwa jaksa yang akan memegang kasus Christian Halim adalah Dhini yang menjabat Kasubsi Oharda, dan ternyata setelah di cek, benar kemudian hari berkas di pegang Dhini," ungkapnya.


Natalia Rusli sempat mempertemukan saksi korban dengan Dhini di Kejati Jatim untuk meyakinkan korban. Juga di sampaikan oleh Natalia Rusli bahwa Aspidum dan Kajati Jatim sudah dikondisikan oleh pihak Christeven Mergonoto dan saat itu Jaksa Dhini menyebutkan bahwa Hakim yang nanti akan menangani perkara adalah Hakim Ginting di PN Surabaya.


Natalia dan Sesjampidum menerangkan bahwa perkara Christian Halim sudah di setel dan disetup oleh oknum Kejati Jatim dan oknum Pengadilan Negeri Surabaya. Ternyata benar dikemudian hari hakim yang menangani kasus Christian adalah hakim Ginting sesuai keterangan Dhini Kasubsi Oharda Kejati Jatim.


"Hebat sekali kekuatan oknum Kejati Jatim sehingga dapat mengatur siapa hakim yang akan menyidangkan dan mengatur putusan sidang nantinya," ucap SK. 


Advokat Leo Detri, SH, MH selaku wakil ketua LQ Indonesia Lawfirm sangat prihatin dengan keadaan hukum di Indonesia, bahwa hukum bisa diatur dengan uang dan pejabat-pejabat tinggi Aparat Penegak Hukum dapat diatur dengan uang.


Bagaimana Kejaksaan dapat mengatur siapa hakim menyidangkan dan hasil putusan sidang nantinya? Juga dimana apabila terbukti LP yang dilaporkan korban ke Polda, Ses Jampidum yang semestinya adalah petinggi kejaksaan, malah menjadi makelar kasus dengan bantuan oknum lawyer mengambil 500 juta dari seorang ibu yang sedang kalut karena anaknya di dalam penjara.


Para terduga penipu ini mengunakan faktor psikologi kekalutan korban dengan menakut - nakuti dan menunjukkan jabatan tingginya untuk meyakinkan korban agar menyerahkan sejumlah uang, ini menurut saya sudah memenuhi "mens rea" pasal 378 KUH Pidana tentang Penipuan jika benar keterangan para saksi. 


Advokat Jaka Maulana, SK menghimbau agar aparat pengawas seperti KPK, Jamwas dan Bawas MA serta Komisi Yudisial mau mengawasi jalannya kasus Christian Halim di PN Surabaya, Jawa Timur karena sarat permainan oknum aparat kejaksaan dan Pengadilan Negeri dan dugaan gratifikasi, karena mustahil Oknum Jaksa Kejati Jatim dapat memilih hakim tanpa gratifikasi ke aparat Pengadilan Negeri Surabaya.


"Buktinya setelah kami membuat pengaduan, Hakim Ginting diganti oleh Hakim Made." Sudah ada indikasi awal permainan yang sarat dan patut diduga ada permainan dan dugaan gratifikasi ke oknum Kejati Jatim dan PN Surabaya. 


"Kasihan apabila nasib rakyat melawan ketidakadilan ditentukan oleh kuat-kuatan uang dan diatur oleh oknum Aparat. Motto: hukum adalah Panglima sudah berubah menjadi Uang adalah Panglima, miris saya melihat kondisi ini. Jika pejabat kejaksaan sekelas Ses Jampidum saja menjadi Markus dan menipu dengan menawarkan penanguhan penahanan, apa jadinya negara ini? Dimana KPK dalam hal pengawasan dan pencegahan?" tutup Advokat Leo Detri, SH, MH dari LQ Indonesia Lawfirm.


Bagi yang membutuhkan bantuan hukum, hubungi LQ Indonesia Lawfirm di 0818-0489-0999 untuk konsultasi gratis.


#Rls

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Diduga Jadi Makelar Kasus, Oknum Lawyer dan Ses Jamdatun Dilaporkan ke Polisi

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan