Butuh Dukungan Moril, UMKM Koperasi Mitra Usaha Desa Teras Terancam Daya Saing Pemasaran

SERANG | Pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) dengan nama Koperasi Mitra Usaha yang berada di Desa Teras, Kecamatan Carenang, Kabupaten Serang-Banten sudah terbentuk koperasi UMKM namun terkendala dengan daya saing pemasaran.


Usaha menengah kecil dan mikro (UMKM) yang sudah berjalan selama tiga bulan dengan nama kelompok Koperasi mitra usaha dengan anggota 27 orang se-Kecamatan Carenang kini terkendala daya saing dalam pemasarannya.


Ketua kelompok Koprasi Mitra Usaha Tirman dirinya menerangkan Kepada media serangtimur.co.id, mengatakan, bahwa UMKM Koperasi Mitra Usaha ini sudah terdaftar di Dinas apalagi sudah ada pelatihan dan pembinaan dari Diskoperindag.


"Prodak kita prodak olahan makanan yang jadul seperti kripik, rempeyek, rangginang. Dan kita juga mendaur ulang dari sampah yang di bikin tas dari pelastik, Sablon, pavinblok tiga dimensi dan lain lain," ujarnya, Sabtu (3/4/2021).

Ia mengharapkan agar Pemdes, pihak Kecamatan dan Pemda mensupport secara moril ataupun lainnya, bahwa memang di Carenang sendiri banyak potensi, cuma belum ada wadah


"Mangkanya saya membentuk UMKM ini supaya pelaku UMKM di Carenang ini ada wadah. Akan tetapi kadang kadang untuk pelaku pelakunya susah karena memang menset mereka bantuan," tandasnya.


Masih kata Tirman, apalagi sekarang banyak prodak curah dari luar yang harganya paling murah dan memang bisa di kemas kembali, dan akhirnya prodak kita kalah, kalau dari pemerintah tidak mendukung, ya berarti mematikan prodak lokal.


"Kalau untuk penjualan kita offline ataupun online. Akan tetapi saya mengharapkan pemerintah Desa, Kecamatan maupun pemerintah Daerah mensupport dengan brand - brand koperasi kita," pungkasnya.


Reporter: Nurlan/Cecep

Editor: Tians Arsy

Post a Comment

0 Comments