BI Banten Dorong Pemkab Serang Bentuk Tim P2DD

Ansori S
Senin, Juni 14, 2021 | 19:12 WIB Last Updated 2021-06-14T12:13:11Z

SERANG | Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang untuk segera membentuk Tim Percepatan dan Penerapan Digitalisasi Daerah atau P2DD.


Tim P2DD merupakan amanah Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 3 Tahun 2021 tentang satuan tugas percepatan dan perluasan digitalisasi daerah.


"Pembentukan Tim P2DD untuk Kabupaten Serang ini sebenarnya merupakan amanah dari Keppres Nomor 3 Tahun 2021 yang diterbitkan Bulan Maret lalu, bahwa pihak daerah wajib untuk membentuk P2DD," ungkap Deputi Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Erry P Suryanto usai Audensi dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri di ruang rapat sekda pada Senin, 14 Juni 2021.


Erry mengatakan, tujuan dibentuknya Tim P2DD untuk supaya penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) lebih transparan, dengan tata kelola yang baik dan kemudian juga meningkatkan PAD.


"Nah sekarang itu kan pertumbuhan ekonomi agak terkontraksi, sehingga semua daerah agar bisa lebih mandiri dengan mengoptimalkan PAD nya masing-masing," ujarnya. 


Disamping itu juga, untuk mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Erry berkeinginan untuk bersama-sama melakukan percepatan untuk penandatangan SK (surat keputusan) Bupati Serang untuk pembentukan P2DD.


"Nanti (P2DD) diketuai oleh Bupati Serang, Wakil dari Bank Indonesia, kemudian nanti Ketua Pelaksana Harian Pak Sekda, dan anggotanya OPD (organisasi perangkat daerah) penghasil, sam Bank Indonesia dna juga OJK (otoritas jasa keuangan)," terang Erry. 


Pada intinya, audeni saat pihaknya meminta kesempatan waktu kepada Bupati Serang melalui sekda dengan mengusulkan waktu untuk seremonial penandatanganan SK. Seremonial penandatangan SK Ketua P2DD bersamaan dengan Kabupaten Tangerang 


"Jadi dua daerah yang terakhir, karena untuk delapan kabupaten/kota dan satu provinsi itu sudah tujuh yang membentuk Tim P2DD. Saat ini tinggakl dua Kabupaten Serang dan Kabupaten Tangerang yang terakhir," jelas Erry.

Disisi lain, Erry memuji Pemkab Serang karena dianggap sudah cukup bagus yang menyangkut dengan digitalisasi atau Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), dimana untuk tingkat provinsi rangking ke dua, dan tingkat nasional ke-22.


"Maka kita akan dorong lagi karena masih perlu di optimalkan lagi. Baik retribusi maupun pajak daerah mungkin harus lebih di optimalkan kembali," tandas Erry.


Sementara itu, Sekda Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri didampingi Kepala Diskominfosatik, Anas Dwi Satya Prasadya, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Ishak Abdul Rouf, perwakilan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) dan Bagian Hukum mengapresiasi dengan akan dibentuknya Tim P2DD.  


"Makna yang luar biasa bagi Pemda Serang dalam rangka pembentukan Tim P2DD. Kami sangtat mendukung, menyuport Banmk Indonesia. Kami mengapresiasi karena manfaatnya luar biasa," ujarnya.


Berkenaan dengan waktu pelaksanaan penandatangan SK Ketua Tim P2DD, Entus berjanji pada hari ini juga pihaknya menyampaikan kepada Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah.


"Hari ini saya langsung sampaikan untuk meminta waktu Ibu Bupati," ujarnya. 


Mantan Kepada BKD Kabupaten Serang ini mengusulkan, untuk seremonial penandatangan SK Ketua Tim P2DD agar di laksanakan di wilayah Wisata Pantai Anyer.


"Harapannya di Anyer pelaksanaannya dalam rangka pemulihan ekonomi," ucap Entus.


(*/Ansori)

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • BI Banten Dorong Pemkab Serang Bentuk Tim P2DD

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan