Beri Rasa Aman, Personel Polres Pandeglang Dampingi Nakes Laksanakan Vaksinasi ODGJ

serangtimur.co.id
Sabtu, September 18, 2021 | 16:14 WIB Last Updated 2021-09-18T09:14:22Z

PANDEGLANG | Personel Polres Pandeglang Polda Banten Bripka Trimoyo ikut serta mendampingi para Tenaga Kesehatan (Nakes) Puskesmas Cikupa dalam melaksanakan vaksinasi terhadap para penyandang desabilitas mental atau ODGJ, di Kelurahan Pandeglang, Kecamatan Pandeglang, Sabtu (18/9/2021).


Kapolres Pandeglang AKBP Belny Warlansyah mengatakan, pendampingan kegiatan yang dilakukan oleh personel nya itu bertujuan untuk membantu para Tenaga Kesehatan (Nakes) dan memberikan rasa aman selama kegiatan berlangsung.


"Pendampingan kegiatan yang dilakukan anggota itu untuk memberi rasa aman, agar kegiatan itu bisa berjalan dengan lancar," kata Kapolres.


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang Raden Dewi Setiani mengatakan, bahwa vaksinasi kali ini diperuntukan bagi para penyandang disabilitas mental atau ODGJ yang sudah mulai mandiri atau sudah kembali membaur dengan masyarakat. 


"Dalam hal ini tidak semua ODGJ diikut sertakan vaksinasi, hanya ODGJ yang sudah mandiri dan sudah bisa membaur dengan masyarakat," kata Dewi.


Ia mengatakan, pelaksanaan vaksinasi secara door to door ini dimakaudkan untuk mempermudah pelayanan vaksinasi terhadap penyandang desabilitas mental atau ODGJ. Mengingat, masih ada ODGJ yang belum bisa mendatangi pusat pelayanan kesehatan.


"Hanya untuk ODGJ yang belum mampu atau tidak bisa datang ke pusat layanan primer yaitu Puskesmas, mengingat ada beberapa hal yang dimungkinkan dilaksanakan secara door to door, semisal letak rumah terlalu dengan PKM dan ODGJ perlu edukasi secara berulang - ulang untuk bisa menerima vaksinasi," ungkapnya.


Ia menjelaskan, bahwa vaksinasi ini bertujuan untuk membentuk kekebalan kelompok (Herd Immunity) sehingga para penyandang desabilitas mental atau ODGJ ini dapat terhindar dari penularan virus corona.


"Hari ini sedikitnya ada 4 orang penyandang desabilitas mental atau ODGJ yang mendapat vaksin, semoga yang 4 orang ini kekebalan tubuhnya bapat terbentuk sehingg terhindar dari Covid-19," pungkasnya.


(*/Red)

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Beri Rasa Aman, Personel Polres Pandeglang Dampingi Nakes Laksanakan Vaksinasi ODGJ

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan