Dinsos Banten Siap Berikan Bantuan Psikososial bagi Keluarga Korban Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang

Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Dinsos Banten Budi Dharma Sumapradja (ist)

SERANG | Dinas Sosial Provinsi Banten, akan memberikan bantuan layanan dukungan psikososial bagi keluarga korban kebakaran Lapas Kelas I Tangerang melalui tenaga LDP.


Hal itu disampaikan langsung oleh Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Dinsos Banten Budi Dharma Sumapradja kepada media, Sabtu (11/9/2021).


Budi Dharma mengatakan bahwa Dinas Sosial Provinsi Banten awalnya mau masuk dari Sisi bantuan sosial untuk korban bencana sosial.


"Kebakaran adalah bencana sosial, Pemprov Banten punya anggaran Bansos tidak terencana. Awalnya kita mau masuk dari situ khusus untuk korban yang berasal dari wilayah provinsi Banten. Namun kementerian sosial akan memberikan juga uang Kedukaan bagi keluarga korban, maka Dinas Sosial tidak jadi memberikan bantuan yang sejenis karena tidak diperbolehkan menurut peraturan pengelolaan keuangan daerah," ungkapnya.


Untuk itu, Lanjut Budi, Dinas Sosial Provinsi Banten, akan memberikan bantuan layanan dukungan psikososial bagi keluarga korban Kebakaran yang terjadi di Lapas Kelas I Tangerang melalui tenaga LDP.


"Artinya keluarga korban memerlukan bantuan psikososial, selain karena korban merupakan Penyandang masalah kesejahteraan sosial dalam hal ini orang orang yang bermasalah dengan hukum, ditambah lagi mereka menjadi korban bencana sosial kebakaran. Hingga keluarga mereka dalam hal ini keluarga korban sangat memerlukan layanan dukungan psikososial agar mereka tidak memiliki beban dalam menjalani kehidupan sosial mereka di masyarakat," ujarnya.


"Dalam hal ini kami menghimbau juga kepada masyarakat, yang kebetulan berada di wilayah tinggal para korban tersebut untuk turut mendukung keluarganya dalam menjalani kehidupan sosial. Karena keluarga mereka tetap sebagai warga negara yang memiliki hak hidup sosial yang sama dengan masyarakat lainnya," harapnya.


(*/Teguh Akbar Idham)

Post a Comment

0 Comments