Iklan


 

FIFGROUP Terus Dukung Industri Otomotif Indonesia Lewat GIIAS 2021

serangtimur.co.id
Sunday, November 21, 2021 | 12:18 WIB Last Updated 2021-11-21T05:18:03Z
Foto: Istimewa

JAKARTA | Pergerakan otomotif kembali meningkat seiring dengan perkembangan pertumbuhan signifikan penjualan mobil dan motor sejak Januari hingga September 2021.


Hal ini mendorong PT Federal International Finance (FIFGROUP) yang merupakan salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk dan juga bagian dari Astra Financial untuk terus mendukung pemulihan sektor otomotif pasca pandemi.


Adanya penurunan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di beberapa daerah seiring dengan menurunnya penyebaran virus Covid-19 telah memberikan dampak positif terhadap keberlangsungan industri otomotif. Tentu saja pertumbuhan penjualan yang signifikan ini memberikan angin segar bagi prospek sektor otomotif, khususnya kendaraan roda empat dan roda dua.


Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), terjadi lonjakan penjualan mobil di angka 47,4% pada Januari-September 2021 menjadi 600.344 unit dibanding periode yang sama tahun 2020 sebanyak 407.390 unit.


Senada dengan hal tersebut, Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI), menyebutkan penyaluran pembiayaan pada periode yang sama untuk kendaraan roda empat meningkat 39,8% menjadi Rp 127,8 triliun dibanding periode yang sama tahun 2020 yang senilai Rp 91,4 triliun.


Di samping itu, untuk industri kendaraan roda dua, data penjualan sepeda motor nasional yang dilansir Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), pada periode Januari-September 2021 mencapai 3,76 juta unit, meningkat 56,8% dibanding periode yang sama tahun 2020 yang berjumlah 2,18 juta unit.


Chief Executive Officer (CEO) FIFGROUP Margono Tanuwijaya saat ditemui awak media pada Kamis, 18 November 2021 di booth Astra Financial GIIAS, ICE BSD City, mengatakan, per 2020, berdasarkan data AISI pasar roda dua memang mengalami penurunan sebesar -43,6%, yaitu sebanyak 3.6 juta unit dibanding tahun 2019 yang berhasil mencapai penjualan sebanyak 6,5 juta unit, namun diprediksikan akan mengalami peningkatan sebesar 38,4% di akhir tahun 2021, yaitu sebesar 5,1 juta unit, walaupun memang angka ini belum seperti saat sebelum pandemi pada tahun 2019.


Lanjut Margono, untuk mengatasi hal tersebut, perusahaan telah melakukan beberapa inisiatif, seperti memperkuat project kolaborasi, baik di internal perusahaan maupun dengan ekosistem Astra dan strategic partner melalui integrasi online and offline, virtual exihibition yang melibatkan dealer motor rekanan, join program dan banyak lagi lainnya, sehingga walaupun pasar kendaraan roda dua masih mengalami slowly growth.


FIFGROUP Tetap Market Leader Melihat industri pembiayaan sepeda motor nasional, berdasarkan data yang dikeluarkan oleh APPI, penyaluran pembiayaan untuk sepeda motor baru dan bekas Januari-September 2021 mengalami kenaikan sebesar 19,8% menjadi Rp 55,6 triliun, dibanding period yang sama pada 2020 sebesar Rp 46,45 triliun.


Sedangkan, FIFGROUP juga menunjukkan pertumbuhan positif, di mana Januari-September 2021 terjadi peningkatan jumlah pembiayaan yang berhasil dicapai oleh FIFGROUP sebesar 4,4% senilai Rp 22,9 triliun dibanding periode yang sama tahun 2020 yang hanya mencapai pembiayaan sebesar Rp 21,9 triliun.


Pertumbuhan ini tetap menjadikan FIFGROUP sebagai market leader dalam pembiayaan kendaraan roda dua dengan porsi sebesar 41,2% untuk periode Januari - September 2021.


Kolaborasi seluruh line of bussiness (LoB) FIFGROUP yang terdiri dari FIFASTRA melalui pembiayaan sepeda motor baru, DANASTRA untuk pembiayaan multiguna, SPEKTRA yang melayani pembiayaan elektronik dan perabot rumah tangga, serta AMITRA yang telah meluncurkan produk pembiayaan logam emas mulia serta perjalanan religius (Umroh, Haji) dengan akad syariah, yang tentunya semua itu untuk memenuhi kebutuhan konsumen, serta kebutuhan perusahaan untuk bertumbuh, sehingga dalam kondisi tertentu produk ini bisa saling menopang.


Margono menambahkan bahwa semua portfolio ini tentu harus dikembangkan, namun memang sampai dengan saat ini pembiayaan kendaraan roda dua dengan brand FIFASTRA masih memiliki porsi yang paling besar, yaitu 63,0% dari total pembiayaan FIFGROUP, diikuti dengan DANASTRA 33,0%, SPEKTRA 5,5%, dan AMITRA 0,5%. 


"Bantu UMKM di Masa Pandemi

Kiprah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di masa pandemi ini, digadang-gadang sebagai sang penyelamat perekonomian nasional. Belum adanya tanda-tanda pandemi usai, membuat UMKM semakin bergejolak di tengah masyarakat Indonesia," imbuhnya.


Sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam pengembangan dan pembinaan, FIFGROUP terus berupaya untuk membantu kiprah UMKM. Mulai dari menggandeng 4 lembaga Astra lainnya, yaitu Environment and Social Responsibility (ESR) PT Astra International Tbk, Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim (YPA-MDR) dan Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) untuk membina UMKM, serta pada tahun 2021, menggulirkan dana sosial syariah senilai Rp 1,4 miliar untuk 524 UMKM yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.


Program inisiatif FIFGROUP yang diberi nama dengan Program Dana Bergulir ini ditujukan untuk memberikan pembiayaan tanpa bunga untuk UMKM di seluruh Indonesia. Program ini sudah berjalan sejak tahun 2016 hingga tahun 2020 dengan total penerima dana bergulir FIFGROUP mencapai 279 UMKM dengan total nominal manfaat bantuan modal yang disalurkan sebesar Rp 846,5 juta dan tersebar di berbagai titik di Indonesia, termasuk Jakarta dan cabang FIFGROUP. 


Tahun ini, FIFGROUP mengkolaborasikan program dana bergulirnya dengan program kolaborasi pengembangan dan pembinaan UMKM bersama Grup Astra, sehingga total dana bergulir yang disalurkan adalah Rp 2,313 miliar kepada 803 UMKM.


Kepedulian FIFGROUP Untuk Indonesia Selama Pandemi Sebelumnya, FIFGROUP juga telah melakukan berbagai langkah demi meringankan beban masyarakat sebagai bentuk pelayanan serta kepedulian di tengah pandemi, sebagai berikut:


1. Mendirikan Bank WAKAF di Rembang, dengan nominal Rp 3 miliar.


2. Penyerahan bantuan sembako sebanyak 108.526 paket se-Indonesia sebesar Rp 21,640 miliar.


3. Menyalurkan hewan qurban kepada masyarakat di sekitar kantor cabang dan kantor pusat FIFGROUP, setara dengan Rp 2,9 miliar.


4. Bersama dengan Astra Financial menyerahkan 1 ambulance kepada RS St. Caroulus Jakarta senilai Rp 360 juta, serta 8 unit ventilator di 5 titik di Indonesia, dengan rincian 3 unit di Sumatera Utara, 2 unit di Bali, 1 unit di Nusa Tenggara Barat, 1 unit di Singkawang dan 1 unit di Jawa Barat, dengan total nominal Rp 3,895 miliar.


5. Memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) ke berbagai fasilitas kesehatan yang berada di cakupan wilayah kantor cabang FIFGROUP, dengan total nominal Rp 672 juta.


6. Serta kegiatan reguler Corporate Social Responsibility (CSR), mulai dari Pilar Pendidikan (79 event), Pilar Kesehatan (77 event), Pilar Pemberdayaan Masyarakat ke 54 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan FIFGROUP dan pilar lingkungan dengan total nominal Rp 4,02 miliar.


7. Pada program CSR untuk pilar lingkungan FIFGROUP berhasil meraih apresiasi dari MURI karena telah mencapai rekor penanaman pohon endemik di 55 wilayah titik di Indonesia.


8. Bantuan bencana alam gempa di Mamuju dan bencana banjir di berbagai daerah serta bantuan lainnya sebesar total Rp 2,6 miliar.


"Sehingga total bantuan yang telah disalurkan oleh FIFGROUP kepada masyarakat dari awal Januari 2020 sampai dengan 18 November 2021 mencapai lebih dari Rp 39,535 miliar," terangnya.


Tentang PT Federal International Finance: 


PT Federal International Finance merupakan anak perusahaan Grup Astra yang bergerak di bidang usaha pembiayaan ritel khusus sepeda motor Honda yang diproduksi oleh PT Astra Honda Motor, anak perusahaan PT Astra International Tbk. 


Tepat 1 Mei 2013 Perseroan melakukan proses rebranding dengan meluncurkan new identity berupa logo baru berbentuk sidik jari dan penyebutan nama perseroan menjadi FIFGROUP yang merupakan grup manajemen dari FIFASTRA untuk pembiayaan sepeda motor, SPEKTRA untuk pembiayaan elektronik dan perabot rumah tangga, DANASTRA melayani pembiayaan multiguna dan AMITRA yang melayani pembiayaan syariah.


FIFGROUP merupakan perusahaan pembiayaan sepeda motor dan elektronik terbesar di Indonesia dengan lebih dari 242 kantor cabang dan 385 Point of Service (POS).


[Astra]

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • FIFGROUP Terus Dukung Industri Otomotif Indonesia Lewat GIIAS 2021

No comments:

Post a Comment

Kirimkan Komentar Anda di Kolom ini

Trending Now

Iklan