Blank Spot, Warga Mancak Minta Pemkab Serang Fasilitasi Akses Internet

Ansori S
Monday, December 27, 2021 | 20:20 WIB Last Updated 2021-12-27T13:20:06Z
Ketua Apdesi Kecamatan Mancak Asep Saeful Rohman (istimewa) 

SERANG | Warga Kecamatan Mancak meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang untuk memfasilitasi akses internet, lantaran di wilayah tersebut Blank Spot atau titik kosong yang sulit mendapatkan jaringan telekomunikasi. Sebab kebutuhan akses internet tersebut sangat mendesak untuk merealisasikan program desa digital.


Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia atau Apdesi Kecamatan Mancak, Asep Saeful Rohman mengatakan, bahwa semua desa blank spot untuk di Kecamatan Mancak meliputi Desa Cikedung, Winong, Sangiang, dan Desa Batukuda, Desa Balekencana, Desa Talaga, Balekambang, dan Desa Mancak sangat kesulitan untuk mendapatkan jaringan internet.


"Maka seandainya memungkinkan kami memohon untuk di bantu diberikan akses internet ini, supaya semua warga bisa mendapatkan akses internet sehingga dalam mengakses informasi jauh lebih mudah," ujar Asep melalui keterangan tertulisnya pada Senin, 27 Desember 2021.


Sebagaimana diketahui Blank Spot atau titik kosong merupakan suatu titik lokasi yang belum mendapatkan jaringan telekomunikasi, dengan kata lain tidak tercover oleh menara telekomunikasi dan perangkatnya yaitu BTS (Base Transceiver Station).


Dengan permintaan akses jaringan internet, sebut, Kepala Desa (Kades) Sangiang ini, bahwa seluruh desa di Kecamatan Mancak akan merealisasikan program desa digital. Namun, untuk merealisasikan program tersebut syaratnya harus adanya jaringan internet.


"Kita memang punya program desa digital, tapi kemudian untuk menjadi desa digital syarat wajibnya adalah akses internet. Kami tidak bisa melaksanakan program itu kalau tidak ada jaringan infrastruktur internet kesetiap desa," katanya.


Dengan demikian, Asep mewakili masyarakat Kecamatan Mancak berharap kepada Pemkab Serang dalam hal ini Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) dapat memberikan bantuan untuk akses internet. 


"Akses internet tentunya untuk menjadikan Kecamatan Mancak semuanya menjadi desa digital," ungkap Asep.


Senada dikatakan Kades Cikedung, Herman. Pihaknya mengeluhkan sulitnya akses internet untuk mendapatkan informasi.


"Terkadang kalau ada informasi dari kecamatan dan lainnya, kami selalu terlambat karena sulit mendapatkan jaringan internet," ujarnya.


Menanggapi keluhan tersebut Kepala Diskominfosatik Kabupaten Serang, Anas Dwi Satya Prasadya, bahwa masih adanya puluhan desa di Kabupaten Serang termasuk beberapa desa di Kecamatan Mancak, Cinangka, Padarincang yang masih sulit untuk mendapatkan sinyal karena topografi wilayah di Kabupaten Serang, berupa pegunungan, lembah serta dataran yang memang memerlukan infrastruktur jaringan internet yang memadai. 


"Hal tersebut menjadi tugas kita bersama untuk memfasilitasi dan mendorong adanya infrastruktur jaringan internet di daerah yang masih blank spot. Kami juga berupaya untuk menyampaikan permasalahan blank spot ke Kementrian Kominfo baik melalui surat maupun melalui berbagai kegiatan, karena pembangunan infrastruktur internet memerlukan anggaran yang cukup besar," ujar Anas. 


Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) memastikan akan terus berupaya guna bisa memfasilitasi bantuan jaringan internet di desa-desa yang ada di Kabupaten Serang.


"Langkah kami ke depan adalah dengan terus berkoordinasi dengan kementrian kominfo, serta beberapa provider yang ada di Kabupaten Serang agar masalah blank spot dapat berkurang jumlahnya," tutur Anas.


[Ansori]

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Blank Spot, Warga Mancak Minta Pemkab Serang Fasilitasi Akses Internet

No comments:

Post a Comment

Kirimkan Komentar Anda di Kolom ini

Trending Now

Iklan