Usai Dilantik, IPSM Kabupaten Serang Diminta Bantu Pemerintah Soal Vaksinasi

Ansori S
Tuesday, December 21, 2021 | 20:35 WIB Last Updated 2021-12-21T13:35:23Z
Pandji Tirtayasa Lantik Ketua dan Pengurus IPSM (ist)

SERANG | Ketua dan Pengurus Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kabupaten Serang masa bhakti 2021-2026 dilantik oleh Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa di Aula Tb Suwandi pada Selasa, 21 Desember 2021. Usai dilantik, IPSM diminta untuk membantu pemerintah soal capaian vaksinasi covid-19.


Pandji mengatakan, sesuai dengan tupoksinya IPSM itu adalah mitra pemerintah, membantu pemerintah dalam menanggulangi ketimpangan dan kesejahteraan sosial. Kemudian membantu pemerintah di bidang pemahaman - pemahaman kepada masyarakat untuk meningkatkan perbedaan pola pikir terhadap kebijakan - kebijakan pemerintah.


"Salah satunya vaksinasi. Ada yang salah atau gagal paham terkait vaksinasi, saya harap IPSM itu memberikan pemahaman yang benar, jangan sampai memahami vaksinasi secara keliru. Sehingga, program vaksinasi salah satu penghambatnya adalah pemahaman yang keliru tentang vaksinasi itu," ujar Pandji kepada wartawan usai pelantikan. 


Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Serang, Bahrul Ulum, Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Subur, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP), Suhardjo, Direktur Utama Rumah Sakit dr Drajat Prawiranegara (RSDP), Rahmat Setiadi dan perwakilan IPSM Provinsi Banten. 


Selain itu juga, lanjut Pandji, pekerja sosial tentunya memberikan pelayanan-pelayanan kepada orang-orang yang tingkat sosialnya rendah termasuk ODGJ (orang dalam gangguan jiwa), fakir miskin, orang yang terkena bencana, penyandang tuna wisma, tuna dasa dan sebagainya. 


"Itu harus diberikan pelayanan, pekerja-pekerja sosial itu berperan di situ mendedikasikan hidupnya untuk mereka. Mereka juga turun ke masyarakat seperti ada bencana alam mereka turun ke lapangan sebagai relawan, tapi judulnya mereka pekerja sosial. Darimana biayanya, pemerintah yang membiayainya," katanya.


Menurut Pandji IPSM seolah-olah kepanjangan tangan pemerintah. Akan tetapi, mereka bukan orang pemerintahan namun lintas profesi baik itu pedagang, kontraktor, wartawan dan lainnya.


"Tapi satu yang sama, mereka mendedikasikan sebagian hidupnya untuk kemanusiaan, mereka terpanggil secara manusiawi yang punya waktu mendedikasikan hidupnya untuk membantu kemanusiaan. Itu yang menarik," ungkapnya. 


Ketua IPSM Kabupaten Serang, Tubagus Yayan Hendrayana memastikan jika para kader IPSM sudah berjalan dalam membantu pemerintah dengan memberikan pemahaman dan mengajak masyarakat untuk mau di vaksin.


"Kami selama ini sudah berjalan, kemarin dengan beberapa pemerintah kecamatan dan dinsos memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk mau di vaksin. Termasuk para kader IPSM sebanyak 450 orang pun sudah di vaksin semua," ujarnya.


Sedangkan untuk program jangka pendeknya, IPSM pastinya menyikapi terkait kesenjangan sosial yang ada di Kabupaten Serang. Yayan berharap, kedepannya pemerintah daerah melalui dinas sosial untuk bisa merealisasikan program pelatihan bagi para kader IPSM.


"Pelatihan agar bisa menambah wawasan bagi kader IPSM yang ada di desa-desa, karena kami memang fokusnya di pedesaan," tutur Yayan.


Sebagaimana diketahui, terhitung pada Minggu, 19 Desember 2021 cakupan vaksinasi di Kabupaten Serang sudah mencapai 60 persen dari target pemerintah pusat sebesar 70 persen dari total target 1259.754 orang.


[Ansori]

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Usai Dilantik, IPSM Kabupaten Serang Diminta Bantu Pemerintah Soal Vaksinasi

No comments:

Post a Comment

Kirimkan Komentar Anda di Kolom ini

Trending Now

Iklan