Peringati Hari Air Sedunia, KOPISUSU Tanam Pohon dan Bersih Sungai

Ansori S
Selasa, Maret 15, 2022 | 15:59 WIB Last Updated 2022-03-15T08:59:00Z
Dok. KOPISUSU bersih-bersih sungai (ist) 

SERANG | Dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia Komunitas Peduli Sungai dan Sumberdaya alam (KOPISUSU) menggelar kegiatan peduli lingkungan dengan bersih - bersih sungai serta tanam pohon dan edukasi Pengelolaan sampah, di Kampung Wanayasa, Desa Wanayasa, Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang, Selasa (15/03/2022).


Pada kesempatan ini hadir Camat Kecamatan Pontang Hj. Mutyati Kepala Desa Wanayasa Ahmad Tobri, Ketua Karangtaruna Desa Wanayasa Sumani, PMI Desa Wanayasa, PPK OP SDA 1 Mulyadi, STP, MPSDA, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Serang dan segenap masyarakat serta pemuda Desa Wanayasa.


Ketua KOPISUSU Taty Sagita mengatakan bahwa kegiatan kali ini sebagai moment memperingati Hari Air Sedunia dimana air merupakan sumber kehidupan yang harus kita jaga kelestariannya karena jika tidak dijaga maka bencana akan melanda.


"Musibah Banjir Kota Serang beberapa waktu lalu cukup menjadi pelajaran bagi kita semua untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih terutama Sungai yang masih menjadi sumber utama dalam pemenuhan kebutuhan air masyarakat Wanayasa," ujarnya.


Lanjut Taty, melalui kegiatan bersih-bersih sungai dan penanaman 100 pohon disepanjang bantaran sungai semoga menjadi pemantik untuk masyarakat Desa Wanayasa agar senantiasa menjaga lingkungannya tetap bersih dan nyaman. 

Dok. Istimewa

Sementara itu, PPK OP SDA 1 BBWS C3 Mulyadi, STP ,MPSDA sangat mengapresiasi kegiatan KOPISUSU, mengatakan kegiatan yang luar biasa ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat lainnya.


"Kami berharap kegiatan-kegiatan seperti ini disambut baik oleh aparat desa dan seluruh masyarakat juga dilaksanakan secara berkelanjutan, karena ini akan berdampak positif bagi kita semua, karena jika kita jaga alam maka alam jaga kita," tuturnya.


Kepala Desa Wanayasa Ahmad Tobri dalam sambutannya mengatakan bahwa memang jika bicara lingkungan dan kebersihan jelas itu bukan hanya tanggung jawab komunitas maupun pemerintah saja  melainkan tanggung jawab seluruh komponen masyarakat, mulai dari ibu- ibu, bapak - bapak, maupun anak-anak.


"Kebersihan lingkungan kita adalah tanggung jawab kita semua, bukan hanya ibu-ibu atau bapak-bapak saja tetapi sampai anak-anak juga harus turut serta menjaga kebersihan lingkungan di Desa Wanayasa kita harus berusaha bagaimana menerapkan cinta kebersihan untuk kebaikan kita semua," ujarnya.


Camat Pontang Hj. Mutyati mengungkapkan hal yang sama bahwa kebersihan lingkungan merupakan cermin kepribadian dari masyarakat, yang tentunya manfaatnya pun akan kembali kepada masyarakat.


"Saya merasa kangen dengan kebiasaan dijaman dulu saat saya kecil dimana kegiatan gotong royong itu dilaksanakan secara rutin dan melibatkan seluruh komponen warga Desa, juga ada siskamling jadi kita merasa aman dan nyaman," ucapnya.


[Ty_Redaksi]

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peringati Hari Air Sedunia, KOPISUSU Tanam Pohon dan Bersih Sungai

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan