PKK Carenang Pamerkan 4 Produk Kerajinan Tangan di Bazar Kampus Untirta

Ansori S
Jumat, Mei 27, 2022 | 17:56 WIB Last Updated 2022-05-27T11:32:17Z
Foto: Istimewa

SERANG | Hasil kreativitas ibu ibu PKK Carenang, Kabupaten Serang di pamerkan dalam Bazar di Auditorium Kampus Untirta, Desa Sindangsari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang-Banten, Jum'at (27/5/2022). 


Bazar yang digelar di kampus Untirta belangsung selama dua hari 27-28 Mei 2022 ini terdapat beberapa stand yang disediakan oleh panitia untuk memasarkan hasil kerajinan tangan dari para pengerajin, seperti makanan ringan dan juga berbagai macam kerajinan tangan. 


Dan yang menariknya, dalam bazar tersebut ada empat hasil karya pengrajin ibu ibu PKK yang berasal dari Kecamatan Carenang seperti Ecoprint, Kombucha, Ecoenzym, dan Bioflok. 


TP PKK Kecamatan Carenang Alvinna menjelaskan, Ecoprint yang berasal dari dua kata yaitu eco dan print, kata eco atau ekosistem dapat diartikan sebagai hayati dan print memiliki arti mencetak, dan untuk nama batiknya sendiri ia namakan Cahaya cinta Carenang. 


Vina mengatakan, dalam tekhnik mencetak atau menciptakan produk yang memiliki unsur hayati, ecoprint sendiri termasuk dalam produk fesyen ramah lingkungan, dimana pembuatannya memanfaatkan bahan bahan yang tersedia di alam, tekhnik ecoprint sendiri berasal dari pengembangan teknik ecodyeing yang merupakan pewarnaan menggunakan bahan alami. 


Selain itu, lanjut Vina, Ecoenzym merupakan salah satu alternatif pemanfaatan limbah organik menjadi suatu nilai ekonomi dan nilai manfaat yang tinggi. Sehingga, coenzym sering disebut sebagai cairan multiguna karena dapat digunakan baik dibidang rumah tangga, Pertanian, peternakan maupun dibidang industri. 


Dan manfaat dari Ecoenzym untuk pertanian yaitu sebagai filter udara, herbisida dan pestisida alami, menurunkan asap dalam ruangan, filter air, pupuk alami untuk tanaman dan menurunkan efek rumah kaca. 


Sementara, Kombucha adalah teh hasil fermentasi larutan teh dengan gula yang kemudian ditambahkan mikroba pemula yaitu bakteri Acetobacter Xylinum dan beberapa ragi yaitu saccharomyces cerevisiae, Zygosaccharomices bailii dan Candida sp. 


Dan akibat proses fermentasi yang terjadi, teh ini mengandung berbagai zat seperti asam asetlat, Folat, asam amino esensial, Vitamin B, Vitamin C serta alkohol, teh Kombucha juga memiliki kandungan bakteri probiotik yang merupakan bakteri baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 


Sedangkan Bioflok sendiri adalah salah satu teknologi budidaya ikan, yakni suatu teknik budidaya melalui rekayasa lingkungan yang mengandalkan pasokan oksigen dan pemanfaat mikro organisme yang secara langsung dapat meningkatkan nilai kecernaan pakan. 


[Nurlan]

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PKK Carenang Pamerkan 4 Produk Kerajinan Tangan di Bazar Kampus Untirta

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan