Peringatan Hari Lahir Pancasila, DPP SKPPHI: Mari Kita Aplikasikan Nilai-nilainya

Ansori S
Jumat, Juni 03, 2022 | 13:19 WIB Last Updated 2022-06-03T06:19:48Z
Foto: Istimewa

JAKARTA | Dihari Lahirnya Pancasila pada 1 Juni, Dewan Pimpinan Pusat Studi Kebijakan Publik Penegakan Hukum Indonesia/ DPP SKPPHI memberikan pandangan atas lahirnya Pancasila.


Ketua Umum DPP SKPPHI Ryanto Sirait, SH, MH saat dimintai pandangannya oleh awak media dikawasan Pulomas, Jakarta Timur pada Kamis (2/06/2022) mengucapkan Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila.


"Selamat Memperingati Hari lahir Pancasila 1 Juni, Mari tetap menjaga dan mempertahankan Pancasila sebagai Dasar Negara, Ideologi Negara, Falsafah Negara, dan Landasan Bangsa kita. Pancasila sebagai Sumber Hukum yang berlaku di Negara kita, Republik Indonesia, jangan hanya dijadikan sebagai hafalan belaka, namun harus diaplikasikan dalam bentuk kebijakan publik yang berpihak kepada rakyat," ungkap Ryanto Sirait. 


Sekretaris Jenderal DPP SKPPHI Megy Aidillova, ST menambahkan Begitu  Luar Biasanya Pancasila dalam menyatukan Rakyat Indonesia yang begitu besar ini. 


"Pancasila sebagai pedoman hidup dalam berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia, karena hanya Pancasila yang mampu mengutuhkan Bangsa yang besar dan beragam ini. Untuk itu mari kita aplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, jaga keberagaman, junjung selalu Bhineka Tunggal Ika, dan bangkitkan lagi jiwa Gotong-royong," tambah Megy Aidillova. 


Sementara itu, Ketua DPP SKPPHI Bidang Humas dan Publikasi Fandra Arisandi Andika Putra, SH, SHEL menjelaskan Melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016, Pemerintah menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila sekaligus sebagai Hari Libur Nasional. 


"Penetapan Hari Lahirnya Pancasila bertujuan agar pemerintah, masyarakat dan seluruh komponen bangsa memperingati Pancasila sebagai ideologi bangsa," ujarnya. 


"Untuk itu Pemerintah melalui Kementerian Sekretaris Negara dengan Surat Nomor B-437/M.Sesneg/SET/TU.00.04/05/2017 tanggal 18 Mei 2017 menyerukan agar seluruh instansi Pemerintah, baik di pusat, daerah, maupun perwakilan Pemerintah di luar negeri, serta BUMN/BUMD untuk menyelenggarakan Upacara Bendera Memperingati Hari Lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni 2017, dan melaksanakan Pekan Pancasila pada tanggal 29 Mei s/d 4 Juni 2017," tutupnya. 


[Red]

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peringatan Hari Lahir Pancasila, DPP SKPPHI: Mari Kita Aplikasikan Nilai-nilainya

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan