Pemerintah Kecamatan Carenang Sembelih 2 Hewan Kurban, Satu Ekor Sapi dan Kerbau

Ansori S
Senin, Juli 11, 2022 | 18:03 WIB Last Updated 2022-07-11T11:03:38Z
Dok. Kegiatan penyembelihan hewan kurban di Kantor Kecamatan Carenang (ist) 

SERANG | Dalam Momentum Idul adha 1443 Hijriah/2022, Pemerintah Kecamatan Carenang, Kabupaten Serang-Banten melaksanakan penyembelihan hewan kurban satu ekor sapi dan satu ekor kerbau, pada Senin (11/7/2022)


Kegiatan yang di motori Camat Carenang Arif Roikhan yang di pusatkan di halaman kantor Kecamatan Carenang yang di hadiri Wakapolsek, Koramil, Para Kepala Desa, Tokmas, dan staf kecamatan Carenang 


Di temui di kantornya Camat Carenang Arif Roikhan mengatakan, kegiatan ini pihaknya ingin memancing, membuat merangsang teman teman untuk peduli sesama diawal dirinya bertugas di Kecamatan Carenang


"Saya baru pertama kali hari raya Idul Adha di kantor Kecamatan. Ini juga dengan spontan, Alhamdulillah saya terkumpul berembuk dengan para Kepala Desa dan staf Kecamatan bisa berkumpul," kata Arif. 


Arif, mengatakan, untuk kedepannya akan direncanakan dengan matang, karena ini hanya pemikiran yang spontanitas. Dan sebetulnya berkurban seperti ini adalah membunuh rasa memiliki duniawi. 


"Meskipun secara spontan, Alhamdulillah bisa menyediakan satu sapi dan kerbau. InsyaAllah, kedepannya direncanakan dengan matang karena ini sesuatu yang tidak direncanakan dengan matang. Ini adalah pemikiran spontan untuk memberikan motivasi kepada teman-teman kita untuk peduli sesama dan mari kita berkurban," ujarnya. 


Sementara itu Sekmat Carenang H Aslahudin menyampaikan, bahwa hari raya idul adha itu merupakan hari umat muslim yang melaksanakan ibadah kurban yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. 


"Alhamdulillah, acara kurban ini pihak Kecamatan bisa menyalurkan satu ekor sapi dan satu ekor kerbau yang disaksikan oleh Muspika. Sementara kurban ini untuk kouta sekitar empat belas jiwa," katanya. 


H Aslahudin mengatakan, kedepan pihaknya akan melaksanakan secara rutin setiap tahunnya. Adapun untuk yang berkurban hanya enam Desa yang berpartisipasi dan yang lainnya di tambah dari staf Kecamatan. 


Aslahudin menambahkan, inti dari kurban sendiri ialah meningkatkan ketakwaan, keikhlasan bukan semata-mata daging dan darahnya. Dan satu ekor itu untuk tujuh jiwa, jadi kalo dua ekor itu berarti empat belas jiwa.


Sementara, lanjutnya, untuk kuouta perdesa di kasih jatah 50 kg, dan satu bungkusnya sebanyak 1 kg karena bobot dari sapi dan kerbau sendiri di atas 400 kg. Untuk sapi bobotnya 420 kg sedangkan kerbau bobotnya 410 kg. 


"Jadi tinggal di bagi 7 jiwa jadi dapatnya 50 kg, itupun nanti di rinci lagi dan untuk penerima dari warga sekitar," ujarnya. 


[Nurlan]

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemerintah Kecamatan Carenang Sembelih 2 Hewan Kurban, Satu Ekor Sapi dan Kerbau

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan