Gelar KKN, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tangerang Sosialisasikan Bank Sampah dan 3R

Ansori S
Jumat, September 02, 2022 | 11:56 WIB Last Updated 2022-09-02T05:03:40Z
Dok. Sosialisasi bank sampah dan 3R kepada masyarakat Kampung Cikempan, Pabuaran (ist)

SERANG | Mahasiswa Universitas Muhamadiyah Tangerang (UMT) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kampung Cikampeng, Desa Pabuaran, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang selama satu bulan sejak 20 Agustus hingga 22 September 2022.


Sedikitnya 34 orang mahasiswa UMT mengikuti KKN tersebut, dengan menggandeng DLH Kabupaten Serang untuk mensosialisasikan Bank sampah dan 3R.


Ketua mahasiswa KKN Ajat Sudrajat mengatakan, kegiatan yang dilakukan di Kampung Cikempang, Desa Pabuaran untuk memberikan pemahaman tentang pengelolaan bank sampah, dan 3R sehingga sampah dapat menjadi barang yang bermanfaat.


Sementara, lanjut Ajat, 3R sendiri terdiri atas reuse, reduce, dan recycle. Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah. 


"Sosialisasi ini agar masyarakat tahu bagaimana pengolahan, pemilahan, produksi yang tujuannya untuk didaur ulang menjadi sampah organik dan non organik," kata Ajat, Jum'at (2/9/2022).


Apalagi, menurut Ajat, sampah merupakan bagian krusial di tengah-tengah masyarakat. Sehingga, dengan adanya bank sampah, warga bisa menjadikan sampah sebagai nilai ekonomis.


"Semoga selama kami satu bulan KKN si Kampung Cikempang ini, masyarakat dapat memanfaatkan sampah melalui adanya bank sampah dengan dikelola melalui 3R," tandasnya.


Untuk diketahui, dalam sosialisasi KKN Mahasiswa UMT juga turut hadir Dosen Pembimbing Deny Sudrajat, S.Sos,. MM, DLH Kabupaten Serang Cahyo Harsanto,ST, tokoh masyarakat Kampung Cikempang dan 34 mahasiswa peserta KKN dan masyarakat.


Editor: Ansori S

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gelar KKN, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tangerang Sosialisasikan Bank Sampah dan 3R

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan