Ratusan Pesilat Cilik Terumbu Banten Unjuk Kebolehan

Ansori S
Minggu, September 11, 2022 | 15:49 WIB Last Updated 2022-09-11T08:49:37Z
Foto: Istimewa

SERANG | Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perguruan Pencak Silat Terumbu Banten (PPSTB) Kota Serang dan Kabupaten Serang, menggelar Festival Pencak Silat Terumbu Banten (PPSTB) di alun-alun Kota Serang, Minggu (11/9/2022).


Acara diawali dengan ratusan pesilat cilik melakukan kirab dari islamic center kota serang menuju alun-alun kota Serang, dilanjutkan pertunjukan debus dan perlombaan antar pesilat.


Sekedar diketahui, PPTSB merupakan silat tertua di Banten yang berdiri sejak tahun 1992. Festival ini juga sebagai ajang menumbuhkan bakat dan prestasi pesilat yang selama ini berlatih di masing-masing padepokan.


Turut hadir, Pembina Pusat PPTSB Brigjen Pol Nunung Saifudin, Ketua Ipsi Banten Ajat Sudrajat, Ketua DPP PPTSB Yadi Sufiadi, Ketua DPD PPTSB Kota Serang Sarudin, Ketua DPD PPTSB Kabupaten Serang Imron Ruhyadi.


Ketua DPD PPTSB Kota Serang Sarudin mengatakan, kegiatan tersebut melibatkan 251 peserta dari 40 padepokan  yang tersebar di Kabupaten dan Kota Serang.


"20 padepokan dari Kota Serang dan 20 Kabupaten Serang, kita kolaborasi untuk memperkuat silaturahmi antar padepokan," katanya.


Diketahui, kategori yang diperlombakan dalam festival tersebut ganda putra, putri dan grup.


"Penilaian akan ditekankan pada nilai dasar jurus dari IPSI dan penggunaan alat," imbuhnya. 


Sementara itu, Ketua DPP PPTSB Yadi Sofiadi, mengatakan, festival gabungan ini merupakan motivasi untuk padepokan agar serius saat melakukan latihan.


"Semoga dari pertemuan ini bisa menghasilkan atlet bertarung ke tingkat nasional," tuturnya. 


Pihaknya menuturkan, dalam festival tersebut melibatkan pesilat cilik agar silat di Banten bisa dilestarikan oleh generasi berikutnya,


"Dengan adanya regenerasi berikutnya Silat di Banten tidak akan punah," ucapnya.


Editor: Ansori S

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ratusan Pesilat Cilik Terumbu Banten Unjuk Kebolehan

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan