IWPG Berhasil Menjadi Tuan Rumah Upacara Penghargaan International Loving-Peace Art Competition ke-4

Ansori S
Jumat, Desember 02, 2022 | 09:53 WIB Last Updated 2022-12-02T02:53:39Z
Dok. Istimewa

KORSEL | Upacara Penghargaan International Loving-Peace Art Competition ke-4, yang diselenggarakan oleh International Women’s Peace Group (IWPG, Ketua Hyun Sook Yoon) dan diselenggarakan oleh cabang-cabang IWPG, berhasil diselenggarakan di Korea pada pukul 9: 00 PM (waktu Korea) dengan 850 peserta online, termasuk anak-anak dan keluarganya, Selasa (29/11/2022). 


International Loving-Peace Art Competition, bagian dari 'inisiatif untuk menyebarkan budaya perdamaian' IWPG ini pertama kali direncanakan untuk menanamkan 'pola pikir perdamaian' ke dalam hati anak-anak sehingga mereka semua dapat bersatu untuk mencapai penghentian perang dan perdamaian dunia.


Dengan tujuan menyampaikan pesan harapan perdamaian dunia kepada mereka yang hidup dalam konflik dan perang, acara tahunan ini diselenggarakan bekerja sama dengan berbagai lembaga seperti lembaga seni nasional dan asosiasi seniman.


Acara ke-4 yang diadakan tahun ini dengan tema “Komunitas Global Menjadi Satu di Bawah Cahaya Perdamaian”. Sekitar 12.000 anak dan remaja antara usia 7 dan 14 tahun (4.524 anak dari Korea dan 7.408 anak dari luar negeri) berpartisipasi, dan Top 3 dari masing-masing penyisihan nasional maju untuk berkompetisi di final. Penyisihan diadakan di 145 kota di 52 negara dari Mei hingga Juli 2022. 


Kehormatan Grand Prize tahun ini diberikan kepada karya berjudul, "The Wind of Peace Blowing Toward Us" oleh Da Yeong Lee (usia 13 dari Donghae, Korea). Da Yeong menjelaskan bahwa gambar ini mengungkapkan harapannya untuk dunia yang damai di mana semua bangsa di seluruh dunia hidup dalam harmoni tanpa perang, seperti dua sahabat yang bergandengan tangan dalam gambar tersebut.


Para juri juga berkomentar bahwa gambar Da Yeong memiliki pesan yang sangat jelas tentang kebebasan dan perdamaian di dunia tanpa diskriminasi. Dia menerima sertifikat dan beasiswa satu juta Won Korea.


Peraih Juara ke-2 diberikan kepada Santoni (Divisi SD, Bangladesh), Geon Kim (Divisi SMP, Korea), dan Kawin Smansaksiri (Divisi SMA, Thailand). Masing-masing menerima sertifikat dan beasiswa 200.000 Won Korea. 


Juara 3 diberikan kepada enam siswa, Taym Taj AL Deen (Lebanon) dan Min Ha Rhu (Korea) di Divisi Sekolah Dasar; Sneha Yumandhi Rathnayake (Sri Lanka) dan Seol Jeon (Korea) di Divisi Sekolah Menengah, dan Malak Mata (Lebanon) dan Si Yoon Kim (Korea) di Divisi Sekolah Menengah Atas. Masing-masing menerima sertifikat dan beasiswa 100.000 Won Korea. 


Sebanyak 21 peserta termasuk Jaanvika Agarwal (Australia) menerima Award of Recognition, dan 2 mahasiswa Korea diberikan Special Awards. Penghargaan Ketua Organisasi Seni Rupa Korea diberikan kepada Sol Han, sedangkan Penghargaan Ketua Federasi Organisasi Seni dan Budaya Korea diberikan kepada Myeong Seo Kong. Boukchakeche Hanae (Maroko). Sedangkan 87 lainnya menerima Award of Participation.


Dalam sambutannya, Ketua Yoon mengatakan, tema tahun ini adalah 'Komunitas Global Menjadi Satu Di Bawah Cahaya Perdamaian.


"Saya kagum dengan kesenian dan kreativitas yang ditunjukkan oleh para peserta tahun ini dan sangat tersentuh dengan pesan perdamaian yang terkandung dalam gambar-gambar tersebut. Saat ini kita hidup di era dimana perdamaian sangat dibutuhkan sebelumnya," ucapnya. 


"Untuk mencapai perdamaian, masyarakat perlu memahami bahwa perdamaian adalah hak dasar bagi semua dan bahwa kita harus menyebarkan budaya perdamaian. Saya berharap perdamaian dunia yang digambarkan dalam lukisan-lukisan ini tercapai secepat mungkin," imbuhnya.


Ketua Juri Yang Hyung Lee, penasehat tetap Asosiasi Seni Rupa Korea, mengatakan, ketika anak-anak semakin memikirkan perdamaian, mereka menjadi semakin kreatif, dan memiliki keinginan yang lebih kuat untuk menyebarkan pesan perdamaian mereka ke seluruh dunia melalui gambar-gambar mereka.


"Saya percaya bahwa tekad yang kuat ini akan berdering keras di seluruh dunia," ucapnya. 


Juri Shamika Deshpande dari India menyemangati para siswa dalam ucapan selamatnya dengan mengatakan bahwa, partisipasi itu penting karena tanpa partisipasi, (kita-red) tidak akan mendapatkan yang terbaik. Anak-anak telah melakukan pekerjaan yang sangat baik. Mereka telah melakukan sesuatu yang lebih, mengekspresikan diri, mendapatkan hadiah dan saya mengucapkan yang terbaik untuk semua anak-anak itu.


Juri Linda Ciharova dari Republik Ceko berkata, meskipun ada persaingan, kalian semua menciptakan karya gambar yang luar biasa, katanya memuji gambar para siswa.


Karya-karya yang mendapat penghargaan ini akan dipresentasikan pada pameran online, dan hasil gambar juga akan diterbitkan sebagai brosur dan dikirim ke semua penerima penghargaan, bahkan mereka yang tinggal di luar negeri.


Untuk diketahui, IWPG adalah LSM internasional dalam status konsultatif dengan UN ECOSOC, dan sejak didirikan pada tahun 2013, telah melakukan berbagai inisiatif dan kampanye perdamaian untuk mencapai perdamaian dunia dan reunifikasi semenanjung Korea.


[Redaksi]

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • IWPG Berhasil Menjadi Tuan Rumah Upacara Penghargaan International Loving-Peace Art Competition ke-4

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan