Tabur Ribuan Ikan di Rawa Priuk, Camat Carenang : Insyaallah Masyarakat Bisa Sejahtera

Ansori S
Senin, Januari 16, 2023 | 23:27 WIB Last Updated 2023-01-16T16:27:39Z

Dok. Penaburan Ribuan bibit ikan Nila, di Rawa Priuk, Desa Ragas Masgit, Kecamatan Carenang (ist)

SERANG | Sebanyak 13 ribu ekor ikan nila di tebar di situ rawa Priuk, Desa Ragas, Kecamatan Carenang, Kabupaten Serang-Banten, dengan tujuan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar, bahkan Camat Carenang Arif Roikhan berinisiatif jadikan tempat wisata.


Rawa priuk sendiri merupakan akses para petani, yang kemudian dibangun jembatan pada tahun 2022 kemarin oleh Pemerintah Desa yang bertujuan memudahkan para petani saat melintas dan kini ditaburi ikan nila agar populasi ikan bertamabah banyak oleh Camat Carenang, Senin (16/1/2023).


Camat Carenang Arif Roikhan mengatakan sebetulnya kalau di memanfaatkan, situasi yang ada seperti rawa Priuk ini insyaallah bisa sejahtera dengan dijadikannya tempat wisata 


"Kalau kita manfaatkan situasi yang ada, walaupun rawa priuk ini rawa biasa tentu dengan potensi yang ada, jadi saya ingin mewujudkan rawa Priuk ini menjadikan pusat budaya atau event tentunya dengan menabur ikan nila ini bisa meningkatkan keberkahan dan bermanfaat bagi masyarakat," kata Arif Roikhan.


Kata Arif, bahwa sebelumnya sudah diagendakan bersama Ketua Dewan Bahrul Ulum yang akan menabur sendiri, akan tetapi beliau tidak bisa hadir karena ada kegiatan lain.


"Berhubung pak ketua dewan tidak bisa hadir karena ada kegiatan lain jadi di wakilkan oleh saya. Kalau dari benih sendiri Alhamdulillah dari ketua dewan sekitar 10 ribu dan saya sendiri 3 ribu, ditambah lagi DKP sekitar 2 ribu benih ikan nila," ujarnya. 


Kepala Desa Ragas Masigit H. Jaya mengatakan, dilokasi rawa Priuk belum ada jembatan hanya rawa yang sangat dalam, jadi petani yang bercocok tanam atau hasil tanam dulu dan di angkut menggunakan rakit, jadi dirinya berinisiatif membuat jembatan untuk akses petani.


"Alhamdulillah sekarang ini sudah ada perahu dan jembatan untuk akses para petani, ditambah lagi penaburan ikan nila oleh Camat dan DK, tentu ini sangat bagus," katanya. 


Sementara itu, Kabid DKP Kabupaten Serang Rochyan Aglan, pihaknya tentu merespon dan mengapresiasi karena ini upaya pengelolaan, dimana tujuannya untuk meningkatkan stok atau populasi jumlah ikan.


"Jenis ikan yang secara umum yang mana didalamnya bukan hanya ikan yang secara alami seperti ikan-ikan yang sudah ada dan kita tambahkan populasinya yang bisa dikonsumsi secara baik pada masyarakat," jelasnya.


"Tentunya ini dalam rangka produksi perikanan dari sektor secara umum yang berdampak pada peningkatan nilai gizi bagi masyarakat. Maka dari itu kami dari Dinas Perikanan sangat merespon, karena ini sangat positif dan ekspreatif untuk Desa Ragas Masigit," tutupnya.


Diketahui pada acara tabur benih ikan nila tersebut yang dihadiri Camat Carenang, Sekmat, Kabid DKP Kabupaten Serang, Kapolsek, Kepala Desa Ragas Masigit, Mahasiswa Untirta serta masyarakat sekitar.


[Lan]

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tabur Ribuan Ikan di Rawa Priuk, Camat Carenang : Insyaallah Masyarakat Bisa Sejahtera

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan