HUT Kota Tangerang ke 30, Gerakan Pramuka Terus Perkuat Kolaborasi Membangun Kota

Ansori S
Selasa, Februari 28, 2023 | 09:37 WIB Last Updated 2023-02-28T02:37:19Z
Photo: Anggota Pramuka Kwartir Ranting Tangerang ikut serta dalam pengamanan Mudik Lebaran sebagai bentuk berkontribusi bagi masyarakat

TANGERANG | Memperingati Hari Jadi Kota Tangerang ke 30 pada 28 Februari 2023, Gerakan Pramuka perlu terus membangun kolaborasi dengan pemerintah dan masyarakat dalam rangka membangun Kota Tangerang. Apalagi Kota Tangerang merupakan salah satu kota penting di Provinsi Banten dengan perkembangan ekonomi yang signifikan, serta memiliki banyak potensi untuk dikembangkan, termasuk dalam hal pendidikan, sosial, dan budaya.


Demikian disampaikan Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Tangerang Megi Primagara, saat diwawancarai redaksi mengenai peran Gerakan Pramuka dalam pembangunan di Kota Tangerang, Selasa, 28 Februari 2023. 


Menurut Megi, dalam memperingati usia Kota Tangerang yang ke-30 tahun ini, Gerakan Pramuka, sebagai organisasi yang berfokus pada pendidikan karakter dan keterampilan bagi anak-anak dan remaja, memiliki peran yang penting dalam membangun Kota Tangerang yang lebih baik. 


"Salah satu peran yang dapat dilakukan oleh Gerakan Pramuka adalah sebagai agen perubahan dalam mendorong perkembangan budaya di Kota Tangerang," ujar Ketua Kwartir Ranting Tangerang Megi Primagara.


"Gerakan Pramuka dapat menjadi wadah yang tepat untuk memperkenalkan kebudayaan lokal, mengajarkan kebersihan lingkungan, dan menanamkan nilai-nilai sosial yang baik bagi masyarakat," tambah Megi. 


Selain itu, Megi juga menjelaskan bahwa Gerakan Pramuka juga dapat berkolaborasi dengan pemerintah setempat dalam menyediakan program pendidikan non-formal bagi anak-anak dan remaja di Kota Tangerang.


"Program-program ini dapat berupa pelatihan keterampilan, pengembangan soft skill, dan peningkatan literasi”, jelas Megi. “Dengan adanya program-program ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kota Tangerang dan mempersiapkan generasi muda yang lebih berkualitas," terang Ketua Kwartir Ranting Tangerang berlatar belakang profesional ini. 


Ia juga melihat posisi Gerakan Pramuka sebagai organisasi yang memiliki cakupan luas di seluruh wilayah Indonesia, sehingga dapat memperkenalkan keanekaragaman budaya dan adat istiadat di Kota Tangerang.


"Gerakan Pramuka dapat berperan dalam membangun kebersamaan dan toleransi antar kelompok di Kota Tangerang”, terang Megi. Menurutnya, dengan memperkuat toleransi dan memahami perbedaan, maka diharapkan Gerakan Pramuka dapat mempererat hubungan antara masyarakat Kota Tangerang, khususnya antar generasi muda," ujarnya. 


Sebagai penutup, Megi menyimpulkan bahwa melalui kolaborasi dengan pemerintah dan masyarakat, Gerakan Pramuka dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan Kota Tangerang.


Karena keterlibatan Gerakan Pramuka dapat membantu membangun karakter dan keterampilan anak-anak dan remaja, memperkuat nilai-nilai sosial dan budaya, serta mempererat hubungan antar kelompok masyarakat. Sehingga semua ini akan membantu Kota Tangerang dalam memperkuat posisinya sebagai kota yang maju dan berkembang.


[Redaksi]

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • HUT Kota Tangerang ke 30, Gerakan Pramuka Terus Perkuat Kolaborasi Membangun Kota

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan