Ikatan Dokter Indonesia Cabang Tangerang Gelar Pertemuan ilmiah Tahunan dan Seminar

Ansori S
Minggu, Maret 12, 2023 | 13:15 WIB Last Updated 2023-03-12T10:25:40Z
Dok. Istimewa

TANGERANG | Kegiatan Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) VII, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Tangerang tahun 2023, dilaksanakan Sabtu dan Minggu (11-12/03/2023), bertempatan di Ballrom Hotel Novotel Tangerang, Tangcity Superblock, Jalan Jendral Sudirman No.1 Babakan, Kota Tangerang.


Ketua IDI Cabang Tangerang dr.Rifki mengungkapkan, selama dua hari ini pihaknya mengadakan pertemuan ilmiah tahunan (PIT) yang ke-7 di Cabang Tangerang. Paska pandemi ini adalah kegiatan yang pertama dimana menurut informasi dari panitia saat ini sampai 400 peserta yang ikut. 


"Alhamdulillah, terlihat banyak, tapi dari anggota kita yang mencapai 7000 tentunya masih banyak rekan rekan kita yang belom bisa ikut bergabung, jadi kedepan kita akan mensiapkan kegiatan kegiatan yang akan bisa mengakomodir seluruh anggota," ungkapnya. 


Tujuan dari pertemuan ini, lanjut dr. Rifki, yang pertama itu sebagai kendurinya dokter Tangerang jadi pestanya dokter Tangerang tempat bersillaturahmi berkumpul aspek kesejawatan. Yang kedua baru kita bicara peningkatan kopetensi teman teman dari pemberian materi materi kesehatan.


Yang ketiga sekaligus juga membantu program pemerintah dokter ini kan tugasnya melayani kesehatan masyarakat tapi kita tidak bisa berjalan sendiri tentunya harus kolaborasi biar sejalan dengan program pemerintah makanya disini kita libatkan penuh dinas kesehatan baik Kabupaten Tangerang maupun Kota Tangerang kebetulan kepala Dinas Kesehatannya juga adalah pengurus dari IDI Cabang


"Kegiatan ini kita harapkan yang pertama tentunya kesejawatan di antara anggota IDI cabang Tangerang makin baik, makin tinggi kita memberikan fasilitasi untuk mereka bisa berkumpul dengan teman sejawatnya. Terus yang kedua tentunya agar kopetensi temen temen itu bisa terjaga dan makin meningkat, bagaimana ketua panitia kita dr. Mekah dibantu oleh temen temen sejawat lain pengurus ada dr. Iin selaku bendahara kita bahu menbahu agar memang temen temen kita mendapatkan wahana wadah untuk bisa meningkatkan kopetensi nya," tandasnya. 


"Dan dikesempatan ini juga kita melauching pemberian SKP (Satuan Kredit Point) yang diperlukan oleh temen temen dalam memperbarui SIP nya SKP ini sebagai bentuk apresiasi temen temen yang sudah malaksanakan pelayanan TBC ini sejalan dengan program nasional sudah ada edaran dari pengurus besar IDI dan kita pikir kita langsung eksekusi menjalankan program ini PB IDI bisa menjalankan programnya IDI cabang menjalankan programnya temen temen IDI bisa merasakan manfaatnya," imbuhnya.


Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dr.Muchlis, bahwa kegiatan hari ini dalam rangka kolaborasi antara Dinas kesehatan dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Tangerang dalam upaya untuk pencapaian target program bidang kesehatan, hari ini dibahas terkait dengan HIV program nasional terkait dengan HIV, kemudian TBC, ada diabetes malitus, dan ibu hamil.


"Kegiatan ini memang rutin, kalo untuk lingkup Dinas Kesehatan, tetapi untuk hari ini karena ini diselenggarakan di IDI Cabang Tangerang ini setelah pandemi ini kegiatan yang pertama setelah 2 tahun 3 tahun kita istirahat dalam pandemi covid-19," ujarnya. 


Yang pertama adalah dukungan dari tenaga kesehatan dalam upaya capaian dalam program program nasional terutama dalam bidang kesehatan dan peningkatan kopetensi tenaga kesehatan di wilayah Tangerang Raya umumnya dan Kabupaten Tangerang juga.


Sementara itu, Ketua Pelaksana Acara dr.Mekah mengucapkan terima kasih, dan untuk menyelenggarakan event ini adalah diperlukan kolaborasi kerja sama antara administrasi farmasi organisasi IDI tentunya saling support acara bersama sama dengan baik dan sekaligus juga sosialisasi yang mungkin ada treatment treatmen terapi terbaru penyakit penyakit terbaru dengan obat obat yang perlu kita berikan sesuai dengan dedikasinya.


"Mitra farmasi muncul banyak sekali dari beberapa perusahaan nasional PMDN dan ada juga perusahaan perusahan lainya dan ini tentunya semua yang ada disini bisa berhubungan berkaitan dengan topik yang akan kita sampaikan pada acara kedepannya," pungkasnya.


Kegiatannya memang kita ada seminar, ada workshop, dan ada lomba poster yang menarik ini adalah lomba poster, karena kita mulai memberikan nuansa yang beda dalam kegiatan ini. Merangsang kepada dokter dokter periper untuk puskesmas untuk melatih membiasakan untuk menulis temuan temuan yang bisa didapatkan untuk dibawa ke dalam pertemuan ilmiah tahunan. Semoga kedepannya akan lebih banyak lagi peserta yang ikut, dan tentunya ini juga akan mendapatkan hadiah sebagai perlombaan dari pada perlombaan poster ini.


"Tentunya ini sebagai ajang silaturahmi seperti yang dikatakan oleh pak ketua kita dr. Rifki komunikasi antara temen temen sejawat yang bertugas dilapangan dan tentunya juga kepada temen temen dan apabila ini sinergi berjalan terus menerus tentunya akan meningkatkan kopetensi para dokter yang menghadapi tantangan di era paska pandemi ini," tegasnya.


Tambahannya, kedepannya adalah kami memiliki target bahwa event ini akan lebih besar lagi, target kita seperti yang direncanakan bapak ketua IDI dr. Rifki kalau bisa smencapai 1000 peserta, dan mudah mudahan kita bisa lebih besar lagi sehingga capaian target kita untuk mempopulerkan pertemuan ilmiah atau mensiarkan ilmu ilmu terbaru treatment treatment terbaru akan lebih tercapai lagi.


[Redaksi]

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ikatan Dokter Indonesia Cabang Tangerang Gelar Pertemuan ilmiah Tahunan dan Seminar

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan