Sekda Minta Baznas Kabupaten Serang Maksimalkan Pengumpulan ZIS

Ansori S
Selasa, Maret 07, 2023 | 18:26 WIB Last Updated 2023-03-07T11:26:43Z
Dok. Istimewa

SERANG | Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri meminta kepada Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas Kabupaten Serang untuk memaksimalkan pengumpulan Zakat Infak Shodaqoh (ZIS). Meski setiap tahunnya mengalami peningkatan, namun masih perlu lagi lebih di maksimalkan. 


"Pemasukan ZIS yang di kelola Baznas kabupaten serang di banding tahun 2021, tahun 2022 ada peningkatan kurang lebih sekitar Rp5 miliar nah ini kita syukuri," ujar Entus usai membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) ke-20 Baznas Kabupaten Serang di Lapangan Tenis Indoor Setda Kabupaten Serang pada Selasa, 7 Maret 2023.


Meski demikian, menurut Entus jika melihat jumlah penduduk Kabupaten Serang sebanyak 1,7 juta tentunya pengumpulan ZIS ini masih jauh dari harapan.


"Saya hitung-hitungan dari jumlah penduduk 1,7 juta seandainya satu orang Rp10 ribu satu bulan itu akan terkumpul Rp200 miliar lebih, sekarang baru Rp23 miliar. Mudah-mudahan di Bulan Ramadhan gebyar zakat ada peningkatan," ucapnya.


Dengan demikian, sambung Entus, maka ini harus ada upaya yang lebih di tingkatkan lagi dari para pengurus Baznas Kabupaten Serang untuk memberikan penyadaran kepada seluruh warga, termasuk para pekerja yang ada di Kabupaten Serang. 


"Para pekerja yang ada di industri-industri perusahaan-perusahaan ini belum tergali secara maksimal, kita selama ini masih terfokus pada ASN (Aparatur Sipil Negara) saja. Jadi kita harapkan ke depan semua elemen masyarakat sadar membayar ZIS itu melalui Baznas," ucapnya.


"Karena saya meyakini sekali lagi apa yang dititipkan kepada pengurus zakat Insya Allah tidak ada yang menjadi Rubicon atau motor gede atau moge catat itu. Jadi kita tak perlu khawatir menitipkan kepedulian kita kepada sesama melalui Baznas, dan yang sudah dilakukan Baznas sudah terbukti banyak membantu anak-anak dengan beasiswa, rutilahu itu sudah ratusan di bangun oleh Baznas," ungkap Entus.

 

Dengan demikian, Entus juga meyakini, jika para karyawan perusahaan menyalurkan ZIS ke Baznas maka keberadaan rutilahu di Kabupaten Serang ini akan segera teratasi tidak ada lagi rumah kumuh, tidak ada lagi warga yang kekurangan gizi melalui program Baznas ini akan langsung menyentuh masyarakat.


"Jadi sekali lagi kami mohon pimpinan perusahaan yang ada di Kabupaten Serang yang jumlahnya lebih dari 700 perusahaan industri itu secara sadar menyalurkan ZIS nya kepada Baznas Kabupaten Serang," ajaknya.


"Karena merupakan perintah agama mengeluarkan zakat 2,5 persen, bahkan ada zakat profesi di luar itu juga ada infak, shodaqoh ini terkelola dengan baik Insya Allah akan maju daerah kita," tambah Entus.


Turut hadir Asisten Daerah (Asda) I Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesra Nanang Supriatna, Asda II Bidang Administrasi Umum Ida Nuraida, Ketua Baznas Provinsi Banten Syibli Syarjaya, dan perwakilan dari OPD, kecamatan di lingkungan Pemkab Serang.


Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Serang Badrudin mengatakan, target ZIS pada 2023 sebesar Rp22,4 miliar dan sampai 7 Maret ini sudah terkumpul sekira Rp2,024 miliar atau masih kurang sebesar Rp20,3 miliar. Kata Badrudin, masih ada waktu 10 bulan untuk jajarannya mengejar target ZIS tahun ini.


"Saya minta kepada pimpinan dan pengurus UPZ agar dapat bekerja keras lagi mengumpulkan ZIS dari semua pegawai tergolong muzaki di dinas, instansi, sekolah, dan masyarakat. Insya Allah ZIS yang kami terima disalurkan langsung kepada mustahik," ujarnya.


Editor: Ansori S

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sekda Minta Baznas Kabupaten Serang Maksimalkan Pengumpulan ZIS

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan