Megi Primagara: Pramuka Berperan Bangun Kesadaran Ber-Pancasila

Ansori S
Kamis, Juni 01, 2023 | 08:34 WIB Last Updated 2023-06-01T01:34:54Z
Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Tangerang Megi Primagara, M.I.Kom

TANGERANG | Pancasila adalah pondasi negara Indonesia yang mengatur kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Gerakan Pramuka, sebagai organisasi kepanduan, berkomitmen untuk membentuk generasi muda yang memahami dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. 


Demikian disampaikan Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Tangerang Megi Primagara sehubungan peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023, Kamis (1/6). 


Menurut Ketua Kwartir Ranting Tangerang Megi Primagara, Pramuka berperan aktif dalam membangun kesadaran akan nilai-nilai Pancasila.


"Pramuka menciptakan ruang bagi anggotanya untuk memahami dan mengaplikasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Mereka diajak untuk menjunjung tinggi persatuan, keadilan, dan kesejahteraan", jelas Megi. 


Menurutnya, Pramuka memainkan peran penting dalam memaknai peringatan Hari Lahir Pancasila sebagai pengingat nilai-nilai luhur dalam Pancasila. Lebih lanjut Megi menjelaskan, melalui metode pendidikan nonformal, Pramuka membentuk generasi muda dengan karakter yang sesuai dengan Pancasila, melalui kegiatan pramuka yang menghormati perbedaan dan mendorong persatuan. Pramuka juga membantu menyebarkan nilai-nilai Pancasila melalui kegiatan pengabdian masyarakat.


"Para anggota Pramuka menjadi agen perubahan yang membangun kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik", jelas Megi. 


Ditambahkan Megi, Peringatan Hari Lahir Pancasila menjadi momentum bagi Pramuka untuk menghargai dan mengapresiasi nilai-nilai Pancasila. Sehingga, Pramuka dapat berperan dalam menjaga dan memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa.


[Redaksi]

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Megi Primagara: Pramuka Berperan Bangun Kesadaran Ber-Pancasila

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan