Asah Kemampuan Public Relations, Mahasiswa Ilkom Unsera Kunjungi DPR RI dan NTMC Polri

Ansori S
Selasa, Juli 11, 2023 | 11:57 WIB Last Updated 2023-07-11T04:57:55Z
Dok. Istimewa

SERANG | 80 orang peserta yang terdiri dari kelas reguler dan karyawan serta 4 dosen Program studi Ilmu Komunikas dari Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik dan Hukum Universitas Serang Raya (Unsera) mengadakan kunjungann studi dengan menggandeng sejumlah lembaga pemerintah pusat di antaranya DPR-RI dan NTMC POLRI, Senin (10/7/2023). 


"Kegiatan ini bertujuan untuk melihat secara langsung dan mempelajari rangkaian kegiatan humas dan public relations di lembaga pemerintah, agar para mahasiswa dapat melihat langsung praktek kegiatan humas secara mendalam dan detail," kata salah satu Dosen Unsera Tia Nurapriyanti, kepada wartawan, Selasa (11/7/2023).


Sebelumnya, Kasubag Publikasi dan Dokumentasi Humas Setjen DPR-RI, Muammil Rokhily, mengatakan, kegiatan tersebut di adakan agar teman-teman mahasiswa dapat melihat langsung bagaimana praktek kehumasan di Gedung DPR RI. 


"Mereka (mahasiswa-red) agar tahu sistem kehumasan yang ada di ranah pemerintah dengan lebih dekat, jadi tidak cuma belajar teori di kelas saja," kata Muammil. 


Sementara itu, materi soal kehumasan yang disampaikan langsung oleh Zoel Arief selaku Pranata Humas Setjen DPR-RI tentang fungsi DPR-RI sesuai dengan pasal 69 UU MD3. Tidak hanya itu, DPR-RI juga mengajak mahasiswa berkunjungan langsung ke museum DPR-RI untuk melihat bagaimana DPR-RI terbentuk dari masa ke masa.


Selain ke gedung DPR RI, kunjungan kedua diadakan di National Traffic Management Centre (NTMC) POLRI, kedatangan mahasiswa dan dosen disambut langsung oleh Heri Setianto selaku tim media Tim Riset NTMC yang juga turut menyampaikan materi Bersama dengan Brigadir Linda tentang lalu lintas dan penangannya. 


Menurut Heri, sangat penting juga untuk polisi belajar kehumasan dan public relations, karna dalam NTMC POLRI ada juga presenter dan bagian kehumasan lainnya.


Mahasiswa dan dosen kemudian di ajak untuk melihat, berinteraksi sekaligus mencoba langsung bagian yang ada di NTMC POLRI seperti data centre dan Kendali, Koordinasi, Komunikasi dan Informasi (K3I) Korlantas POLRI.


Serta mengajak langsung para mahasiswa untuk melihat bagaimana cara kerja dan juga fungsi bagian-bagian yang terhimpun dalam Korlantas Polri juga menjelaskan stakeholders dan lembaga terkait yang bekerjsama dengan Korlantas Polri.


[Rls]

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Asah Kemampuan Public Relations, Mahasiswa Ilkom Unsera Kunjungi DPR RI dan NTMC Polri

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan