DKP Kabupaten Serang Gelar Pelatihan Budidaya Ikan Nila Sistem Bioflock di Carenang

Ansori S
Rabu, September 06, 2023 | 14:40 WIB Last Updated 2023-09-06T07:40:34Z
Dok. Pelatihan Budi daya Ikan Nila Sistem Bioflok (ist) 

SERANG | Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Serang menggelar Pelatihan Budidaya ikan nila sistem Biofloke di Aula Kecamatan Carenang Kabupaten Serang Banten.


Kabid Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Serang Uus Bustami mengatakan bahwa pihaknya sedang menerapkan pendidikan perikanan dengan sistem Bioflok salah satunya di kecamatan Carenang.


"Kenapa mengambil di kecamatan Carenang karena kebetulan di Carenang ini sudah ada budidaya sistem Bioflok yang sudah diterapkan sehingga nanti pembudidaya yang akan menerapkan sistem bisa belajar di Kecamatan Carenang," ungkapnya kepada wartawan Rabu 6 September 2023.


Masih kata Uus, setelah ini Ia akan membuat praktek aplikasi sistem nila Bioflok untuk persiapan kelompok di Desa yang sudah mendapatkan program budidaya ikan nila sistem Bioflok.


"Maka dari itu ini untuk persiapan di salah kelompok di Desa," ujarnya. 


Ia berharap, mudah mudahan pembudidaya ikan nila dengan sistem Bioflok bisa melakukan aktivitas Dimana sistem Bioflok inikan jadi alternatif.


"Sistem ikan nila Bioflok ini bisa jadi alternatif dimana daerah daerah yang suplai airnya kurang bisa menggunakan sistem Bioflok," tutupnya.


Sementara itu, Camat Carenang Arif Roikhan sekaligus Narasumber menjelaskan kepada seluruh kelompok yang terpenting pada air kolam dilarang keras untuk cuci tangan karena menimbulkan penyakit karena airnya tercemar, jadi sistem Bioflok ini sebetulnya airnya tidak berbau walaupun warnanya seperti coklat tapi Alhamdulillah tidak bau.


"Ikan nila dengan cara Bioflok ini berbeda seperti ikan lele yang tidak menggunakan sistem Bioflok dan tentu hasil panen lebih banyak daripada maka dari konfensional sendiri lebih banyak," kata Arif. 


Lanjut Arif, terkait pangan sendiri ia tidak langsung dalam praktek sendiri ia tidak langsung kasih pakan dari pabrik yang langsung dari karung.


"Kita fermentasi dulu dengan molase dan wajib sehingga pakan itu akan empuk dimakan sehingga ikan tetap sehat," ujarnya.


[Nurlan]

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • DKP Kabupaten Serang Gelar Pelatihan Budidaya Ikan Nila Sistem Bioflock di Carenang

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan