Dokter MSF Tewas dalam Serangan di RS Al-Awda di Gaza Utara

Ansori S
Rabu, November 22, 2023 | 09:47 WIB Last Updated 2023-11-22T02:49:30Z
Dok. Ilustrasi Kondisi pasca serangan tentara Israel terhadap RS Al-Awda Gaza Utara

GAZA | Médecins sans Frontières/Dokter Lintas Batas (MSF) merasa ngeri dengan terbunuhnya dua dokter MSF, Dr Mahmoud Abu Nujaila dan Dr Ahmad Al Sahar, serta dokter ketiga yang bekerja di RS Al-Awda, Dr. Ziad Al-Tatari, menyusul serangan terhadap RS Al-Awda, salah satu rumah sakit fungsional terakhir yang tersisa di Gaza Utara.


"Duka kami bersama keluarga dan seluruh kolega mereka berduka atas kematian mereka," demikian rilis yang ditulis MSF, Rabu (22/11).


Dr Abu Nujaila dan Dr Al Sahar berada di fasilitas tersebut ketika serangan terjadi di lantai tiga dan empat. Staf medis lainnya, termasuk staf MSF juga terluka parah. MSF secara rutin membagikan informasi tentang Al-Awda sebagai rumah sakit yang berfungsi dan keberadaan stafnya di Al Awda kepada pihak-pihak yang bertikai. Koordinat GPS juga dibagikan kepada pihak berwenang Israel kemarin.


"Kami mengutuk keras pemogokan ini dan sekali lagi menyerukan penghormatan dan perlindungan terhadap fasilitas medis, staf, dan pasien," tegas MSF.


Pada saat artikel ini ditulis, lebih dari 200 pasien masih berada di Al-Awda dan tidak dapat menerima perawatan yang mereka butuhkan. Pasien-pasien ini harus segera dievakuasi dengan aman ke rumah sakit lain yang masih berfungsi meskipun semua rumah sakit di Gaza telah bekerja melebihi kapasitasnya sejak bulan Oktober karena kekurangan pasokan, serangan, dan beban kasus yang sangat tinggi.


Ini adalah satu lagi insiden yang dialami staf MSF dalam beberapa hari terakhir. Rekan-rekan kami yang membantu ratusan pasien di Gaza menghadapi masa-masa yang sangat sulit dalam memberikan sedikit perawatan medis yang mereka bisa. Melihat dokter terbunuh di samping tempat tidur rumah sakit adalah suatu hal yang sangat tragis dan hal ini harus dihentikan sekarang.


Serangan terhadap fasilitas medis merupakan pelanggaran serius terhadap Hukum Humaniter Internasional, dan hal ini telah terjadi secara sistematis dalam beberapa minggu terakhir. Kami mengulangi seruan kami untuk segera melakukan gencatan senjata di Gaza, lebih dari sebelumnya, menyerukan pencabutan pengepungan, dan perlindungan terhadap fasilitas medis dan staf medis.


MSF telah bekerja di Al-Awda sejak tahun 2018, menyediakan layanan bedah rekonstruksi untuk orang dewasa dan bedah trauma untuk anak-anak. Kami menghargai keberanian rekan-rekan kami, dan kami akan selalu mengingat mereka. 

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dokter MSF Tewas dalam Serangan di RS Al-Awda di Gaza Utara

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan