PB HMI, Meminta Pemerintah Perketat Regulasi Impor Baja

serangtimur.co.id
Senin, Maret 11, 2019 | 19:39 WIB Last Updated 2019-03-11T12:39:16Z
Ketua PB HMI Bidang LH Robi Syahrir


SerangTimur.Co.Id - Ketua Bidang Lingkungan Hidup Pengurus Besar (PB) Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) Robi Syahrir meminta agar pemerintah menghentikan dan memperketat regulasi impor baja. Pasalnya bahan baku infrastruktur impor tersebut diduga tidak sesuai standar, selain itu produksi baja dalam negeri over stok.

"Berdasarkan informasi dan data hasil kajian PB HMI Bidang Lingkungan Hidup baja impor berkualitas rendah dan tidak sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) serta tidak ada jaminan bahwa produk tersebut ramah lingkungan. Hal ini kami nilai cukup membahayakan ditengah gencarnya pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan oleh pemerintaham Jokowi-JK," ungkap Robi Syahrir, Senin (11/3/2019).

Tak hanya itu, lanjut Robi Syahrir, pihaknya juga meminta pemerintah untuk memastikan pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia menggunakan bahan baku yang sesuai standar dan merupakan komoditas dalam negeri. Hal ini untuk menjamin pembangunan infrastruktur dapat berdampak sistemik bagi kesejahteraan rakyat dan dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan.

"Pemerintah melalui Kementerian Petindustrian hendaknya mendukung penuh industri baja dalam negeri agar berjaya di pasar lokal dan berdaya saing secara global," imbuh Robi Syahrir.

Robi Syahrir menambahkan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup untuk memastikan semua produksi baja dalam negeri tidak berdampak negatif terhadap lingkungan dan telah memenuhi syarat - syarat produksi ramah lingkungan dan prinsip - prinsip sustainable bussines.

Menurut Robi Syahrir masukan yang diberikan kepada pemerintah merupakan bentuk komitmen pihaknya untuk mengawal sembilan resolusi pengelolaan lingkungan hidup untuk Indonesia maju, berdaulat, berkeadilan dan berkelanjutan.

"Kita sangat mendukung pemerintah untuk memperjuangkan komoditas unggulan dalam negeri agar berjaya di pasar lokal dan berdayasaing di pasar global," tukas Robi Syahrir.

(Red)
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PB HMI, Meminta Pemerintah Perketat Regulasi Impor Baja

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan