Peningkatan Jalan Wewuluh-Mekarsari Diduga Tidak Sesuai RAB, DPUPR Dimita Serius Awasi

serangtimur.co.id
Kamis, Juli 18, 2019 | 23:03 WIB Last Updated 2019-07-18T16:03:19Z


SERANG, SERANGTIMUR.CO.ID | Pekerjaan peningkatan Jalan Wewuluh - Mekarsari yang berlokasi di Kecamatan Carenang dan Binuang dengan anggaran mencapai Rp. 3.599.999.550; yang sedang dikerjakan PT. Nila Batu Pertama, diduga pelaksanaanya tidak sesuai dengan rencana anggaran biaya (RAB).

Pantauan serangtimur.co.id, Selasa malam (16/07/2019) Kegiatan dengan jenis betonisasi mutu K-400 dengan nomor kontrak 620/15-PK.2380245/SPK/WWLH-MKRSR/PPK-BM/DPUPR/2019 yang bersumber dari APBD-DAK tahun anggaran 2019, ditemukannya jarak cincin sloop tidak mencapai 60 cm, tinggi dan lebar cincin sloop kurang 10 cm dan besi tiebar diduga panjangnya tidak mencapai 70 cm.

Ketika hendak dikonfirmasi, pelaksana PT. Nila Batu Pertama Pudin, yang bersangkutan susah untuk ditemui. Ketika dihubungi via telpon selluer menggunakan aplikasi WhatsApp tidak ada tanggapan sama sekali dari pihak pelaksana.


Menanggapi hal tersebut, Koordinator LSM Geram Banten Indonesia wilayah Kabupaten Serang Yusa Qorni mengatakan seharusnya pihak pelaksana lebih mengedepankan kerjaan sesuai dengan speaifikasi dan RAB.

"Seharusnya setiap kegiatan sesuai dengan perencanaan awal, baik itu spesifikasi dan rencana anggaran biaya. Kalau tidak sesuai, buat apa ada spesifikasi, KAK, gambar dan harga perkiraan sendiri (HPS)," katanya dikediamannya.

Yusa Qorni menjelaskan, setiap paket lelang yang ada di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Serang, disitu sudah tertera dan dijelaskan bahwa ada gambar yang harus diikuti oleh para calon pemenang lelang tander tersebut.


"Bagaimana kualitas dan kuantitas kerjaannya akan bagus, untuk kegiatannya saja sudah ada beberapa item yang diduga dengan sengaja dikurangi," jelasnya.

Masih kata Yusa, pihaknya mengharapkan kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Serang segera meninjau dan mengecek setiap kegiatan yang sedang berlangsung dikerjakan.

"Harapan saya pihak Dinas PuPR mengambil sikap terkait adanya dugaan temuan beberapa item kerjaan yang diduga tidak sesuai dengan RAB," harapnya.

(Lahudin/Nurlan)
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peningkatan Jalan Wewuluh-Mekarsari Diduga Tidak Sesuai RAB, DPUPR Dimita Serius Awasi

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan