Pererat Hubungan Silaturahmi, Ster TNI Bekerjasama dengan Dispotmar Koarmada I, Gelar Komsos TNI dengan Ormas di Mako Koarmada I

serangtimur.co.id
Rabu, Juli 17, 2019 | 19:35 WIB Last Updated 2019-07-17T12:35:35Z


JAKARTA, SERANGTIMUR.CO.ID | Dalam rangka menjalin hubungan silaturahmi dan memperkokoh persatuan dengan komponen masyarakat, Staf Teritorial (STER) TNI bekerjasama dengan Dinas Potensi Maritim (Dispotmar) Koarmada I menggelar kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) TNI dengan Organisasi Masyarakat (Ormas) TA. 2019 bertempat di Gedung OB. Syaaf Mako Koarmada I, Jalan Gunung Sahari No. 67 Jakarta Pusat, Rabu (17/719).

Asisten Teritorial (Aster) TNI Mayjen TNI George E. Supit dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Staf Koarmada I Laksamana Pertama TNI Bambang Irwanto, M.Tr (Han) menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan forum untuk mempersatukan berbagai komponen ormas yang ada di wilayah Jakarta dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas TNI.

Menurutnya, kegiatan ini juga bertujuan untuk menyamakan persepsi dalam menghadapi maraknya berbagai bentuk pelanggaran seperti penyalahgunaan narkoba dan miras, perilaku LGBT, ancaman separatis dan gangguan keamanan, konflik sosial, penyebaran berita hoax, perkelahian antar pelajar dan berbagai tindak kriminal lainnya masih mengancam generasi penerus bangsa.


"Untuk itu, diharapkan peran serta komponen ormas dalam menghadapi hal tersebut agar generasi muda bangsa Indonesia bisa terbebas dari pengaruh negatif yang bisa menghancurkan masa depan bangsa ini," ujarnya.

Ia menjelaskan, berdasarkan UU Nomor 3 Tahun 2002 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara pada Pasal 1 Ayat 2 bahwa sistem pertahanan negara adalah sistem pertahanan yang bersifat semesta yang melibatkan seluruh warga negara termasuk ormas, wilayah dan sumber daya nasional lainnya, serta dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total, terpadu, terarah, dan berlanjut untuk menegakkan kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa dari segala ancaman.

"Implementasinya dengan pemberdayaan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya dalam hal ini menjadi bagian tugas TNI dengan mewujudkan ruang, kondisi, alat juang yang tanggung dan kemanunggalan TNI dan rakyat guna terwujudnya sistem pertahanan semesta," jelasnya.


Sementara itu, dalam kegiatan tersebut dilaksanakan pembekalan oleh Kepala Staf Koarmada I Laksamana Pertama TNI Bambang Irwanto, M.Tr (Han) dengan materi "Membangun Karakter Dalam Menjaga Kedaulatan Indonesia” dan pembekalan Paban IV/Komsos Ster TNI Kolonel Inf Netra Firdaus dengan materi “Peran Organisasi Masyarakat dalam Merawat Kebhinekaan Guna Mewujudkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa".

Juga dilaksanakan kuesioner penelitian kepada peserta dengan tujuan mengetahui sejauh mana peserta mengenal TNI Angkatan Laut dan sejauh mana kegiatan TNI AL dalam melaksanakan perannya sebagai pelaksana kedaulatan di laut dapat dirasakan oleh masyarakat luas. 

Kegiatan Komsos TNI dihadiri oleh 283 peserta dari Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) 32 orang, Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI/Polri Indonesia (FKPPI) 6 orang, Forum Betawai Rempug (FBR) 29 orang, komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) 18 orang, Radio Antar Pulau Indonesia (RAPI) 21 orang, Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) 45 orang, Gerakan Pemuda  Ansor 26 orang, Komunitas Olahraga Perairan 57 orang, Perhimpunan Nelayan 48 orang, dan JAPAR (Jawara dan Pengacara) 1 orang.

Dispen Koarmada I

Editor: Ansori
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pererat Hubungan Silaturahmi, Ster TNI Bekerjasama dengan Dispotmar Koarmada I, Gelar Komsos TNI dengan Ormas di Mako Koarmada I

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan