SMKN 1 Kragilan Sambut 504 Siswa Baru dalam MPLS Positif dan Edukatif

serangtimur.co.id
Sabtu, Juli 20, 2019 | 11:13 WIB Last Updated 2019-07-20T04:25:30Z


SERANG, SERANGTIMUR.CO.ID | Setidaknya terdapat 504 peserta didik baru dari 6 jurusan keahlian mengikuti giat Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di halaman SMKN 1 Kragilan Kabupaten Serang, Senin (15/7) kemarin.

MPLS SMKN 1 Kragilan tahun ini menekankan pada penguatan pendidikan karakter, yang kali ini dilakukan bekerja sama dengan Polri, TNI, hingga BNN.   

Sesuai dengan ketentuan dalam peraturan Mendikbud, bahwa siswa baru harus menjalani masa MPLS yang edukatif dan sarat akan pemberian penyuluhan - penyuluhan. Sehingga dapat membuat siswa baru dapat dengan mudah beradaptasi pada lingkungan belajar yang baru.


"Perintah menggunakan atribut-atribut itu kurang edukatif. Oleh karenanya, MPLS saat ini diisi dengan kegiatan positif dan edukatif yang juga mengacu pada Permendikbud," terang Kepala SMKN 1 Kragilan H. Untung Supriyanto, M.Pd.

Sementara itu penanggung jawab kegiatan MPLS H. Omansyah, SE, MM di dampingi ketua panitia Evi Siti Fatimah, S.Pd mengatakan kegiatan MPLS juga bekerja sama dengan pihak TNI dan Polri, para siswa baru SMKN 1 Kragilan diberikan wawasan terkait pentingnya upaya bela negara melalui penerapan kedisiplinan dan kegiatan baris-berbaris.

Kemudian para siswa baru juga diberikan wawasan wiyata mandala dan juga penyuluhan dari BNN Provinsi Banten untuk memberikan gambaran bagaimana dunia pendidikan pada jenjang yang berbeda dengan sebelumnya.


Selain itu, pada kesempatan tersebut, SMKN 1 Kragilan juga memperkenalkan siswa-siswi berprestasi, baik itu akademik maupun non akademik dari kelas XI dan XII. Pengenalan ini dilakukan sebagai bentuk motivasi bagi para siswa baru untuk terpacu untuk semakin giat belajar dan mampu mengukir prestasi.

Tak hanya itu, MPLS juga sekaligus mengenalkan kegiatan non akademik yang ditawarkan oleh sekolah yaitu sejumlah ekstrakurikuler yang ditujukan untuk mengasah bakat dan kemampuan dari para siswa baru.

"Mereka dikenalkan dengan ekstrakurikuler di sini agar nantinya bisa terlihat bibit potensi yang bisa dikembangkan. SMKN 1 Kragilan sejauh ini punya lebih dari 19 ekstrakurikuler di antaranya pramuka, rohis asifa, olah raga prestasi, paskibraka, PMR, debus, karate, ps terate dan lain - lain, harapannya bisa mengembangkan bakat dan minat para siswa baru ini," ujar H. Omansyah pada sela-sela penutupan rangkaian kegiatan MPLS di SMKN 1 Kragilan Kamis (18-7).

Reporter: JONO

Editor: Ansori
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • SMKN 1 Kragilan Sambut 504 Siswa Baru dalam MPLS Positif dan Edukatif

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan