TNI AL Programkan MMEK 2020 di Kepulauan Bangka Belitung

serangtimur.co.id
Senin, Juli 22, 2019 | 10:32 WIB Last Updated 2019-07-22T03:32:13Z


BANGKA BELITUNG, SERANGTIMUR.CO.ID | Tim Satgas MNEK 2020 Bidang CIMIP dipimpin Letkol laut (P) Filda Malari, S.E., melaksanakan sosialisasi program CIMIP yang merupakan bagian dari kegiatan Latihan MNEK 2020 di Kepulauan Bangka Belitung, Jum'at (19/7/2019).

Tim MNEK bersama Kepala Dinas Pendidikan Provpinsi Bangka Belitung M. Soleh kepada perwakilan dan Kepala Sekolah yang ada di Provpinsi Bangka Belitung dalam sosialisasi dielaskan tentang program-program yang akan dilaksanakan dalam MNEK 2020.

Bangka Belitung akan dijadikan salah satu tempat latihan MNEK 2020 dengan harapan Bangka Belitung merupakan destinasi wisata di Indonesia akan lebih dikenal di dunia Internasional karena dampak positif MNEK 2020 ini akan lebih mengenalkan potensi wisata yang ada di Kepulauan Laskar Pelangi ini.

Dalam Latihan MNEK 2020 ada 3 poin besar yang merupakan Agenda dalam latihan yaitu MEDCAP, ENCAP, dan CIMIP. Dari tiga agenda Latihan Komodo yang telah terlaksana sebelumnya, untuk pertama kalinya akan dilaksanakan program CIMIP yaitu Civil Military Interaction yang mana program ini akan lebih dulu dilaksanakan sebelum program-program MEDCAP dan ENCAP dilaksanakan.

Latihan MNEK 2020 atau Multilateral Naval Exercise Komodo adalah latihan yang ke 4 kalinya akan dilaksanakan yang sebelumnya telah dilaksanakan di Kepulauan: Anambas Natuna, Padang dan Lombok NTB.

Latihan MNEK di Lombok yang merupakan MNEK ketiga melibatkan 36 Negara Asing, kegiatan kegiatan yang ada di MNEK terintegrasi satu dengan yang lainnya sehingga perlu adanya perencanaan yang disiapkan jauh hari sebelumnya.

Dengan kordinasi yang melekat antara TNI AL sebagai pihak penyelenggara dan pemerintah daerah dalam proses perencanaannya dimana TNI AL akan menyiapkan segala Sumber Daya Manusia yang dimiliki untuk mendukung program pemerintah daerah baik berupa pembangunan fisik maupun bantuan tenaga medis dengan mengirimkan kapal TNI AL.

Program CIMIP akan dilaksanakan di daerah Bangka Belitung dengan target 2000 anak anak sekolah, Pemda di Bangka dan juga masyarakat sipil dengan memberikan seminar workshop serta training yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia di wilayah Bangka Belitung dengan berbagai macam program yang interaktif.

"Dengan melibatkan sipil dan militer dalam suatu wadah kerjasama yang saling menguntungkan program - program yang akan dilaksanakan yaitu Children Education Clinic, Human Development Program, serta Navy Language Program," ungkap Kordinator Bidang CIMIP Letkol Laut Filda Malari.

(Pen Koarmada I)

Editor: Ansori

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • TNI AL Programkan MMEK 2020 di Kepulauan Bangka Belitung

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan