Tumbuhkemangkan Jiwa Maritim, Lantamal XII Pontinak Gelar Bintal Juang Remaja Bahari Tahun 2019

serangtimur.co.id
Rabu, Juli 17, 2019 | 20:52 WIB Last Updated 2019-07-17T13:52:30Z


PONTIANAK, SERANGTIMUR.CO.ID | Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Pontianak Laksamana Pertama TNI Gregorius Agung W.D., M.Tr (Han) yang diwakili oleh Asisten Operasi (Asops) Danlantamal XII Pontianak Kolonel Laut (P) Herianto T. Angi, S.E., bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) pada Pembukaan Kegiatan Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) Tahun 2019 yang diikuti oleh 100 siswa-siswi SMA/SMK dengan tema "Membina Mental Juang Remaja Bahari Dengan Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Pada Generasi Muda", bertempat di Lapangan Apel Mako Lantamal XII Pontianak Jalan Yos Sudarso Km.1 Pontianak Kalimantan Barat, Rabu (17/7/2019).

Upacara pembukaan kegiatan BJRB yang berlangsung selama tiga hari dimulai dari tanggal 16-18 Juli 2019. Dalam amanat Danlantamal XII Pontianak yang dibacakan oleh Inspektur Upacara menyampaikan bahwa program BJRB ini merupakan program tahunan TNI AL sebagai manifestasi peran aktif TNI AL dalam upaya menumbuhkembangkan jiwa dan semangat bahari generasi muda yang kreatif, inovatif, dinamis dan berwawasan maritim.

Selain itu, kegiatan BJRB Tahun 2019 sebagai salah satu upaya antisipatif ditengah situasi perkembangan lingkungan strategis terutama dampak negatif globalisasi yaitu maraknya narkoba, perkelahian pelajar, pengaruh teknologi informasi sehingga sangat mudah mengakses situs-situs pornografi serta pengaruh paham dan aliran yang menyesatkan.

"Diharapkan melalui kegiatan ini dapat membentuk karakter generasi muda sebagai penerus  bangsa dengan iman dan taqwa serta akhlak yang mulia, menanamkan jiwa nasionalisme, menumbuhkan jiwa bahari dan sikap mental patriotik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, menanamkan disiplin dan kebersamaan, serta jiwa pekerja keras dalam memajukan bangsa dan Negara Indonesia," tegas Danlantamal XII Pontianak.

Dalam kegiatan BJRB Tahun 2019 yang berlangsung selama 3 hari tersebut, peserta akan dibekali materi tentang  kepemimpinan, Bintal Ideologi Pancasila, Pengenalan Olahraga Air dan Alat Selam, Penyuluhan tentang Kenakalan Remaja dan Bahaya narkoba.

Peserta juga akan diajarkan tentang pengenalan kebaharian, penyuluhan hukum dan Bintal Rohani yang dilaksanakan diatas KAL Lemukutan sembari melaksanakan Joy Sailing. Selesai pelaksanaan Joy Sailing kegiatan dilanjutkan dengan PBB (Peraturan Baris Berbaris) untuk melatih kepemimpinan, kekompakan, jiwa korsa, fisik dan mental.

Turut hadir dalam Upacara Pembukaan Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) Tahun 2019 antara lain Kadisdik Provinsi Kalbar, Kadisdik Kota Pontianak, Kadisporapar Kota Pontianak, Kepala Sekolah dan Guru Pembimbing siswa-siswi yang terlibat BJRB,  Para Kadis/Kasatker dan Para Perwira Lantamal XII Pontianak.

Dispen Koarmada I
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tumbuhkemangkan Jiwa Maritim, Lantamal XII Pontinak Gelar Bintal Juang Remaja Bahari Tahun 2019

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan