-->

Kamis, 24 Oktober 2019

Jajaran Polres Serang Laksanakan Simulasi Penanggulangan Aksi Unras Anarkis Pilkades 2019



SERANGTIMUR.CO.ID, SERANG | Guna memberikan rasa amam pada saat pemilihan kepala Desa, jajaran Polres Serang melaksanakan Latihan Simulasi Penanggulangan Aksi Unjukrasa Anarkis Pilkades serentak tahun 2019, di halaman Mapolres Serang, Kamis (24/10/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kabag Ops Polres Serang, Kasat Sabhara Polres Serang, Kassubag Bin ops Polres Serang, para Kapolsek Jajaran wilayah Polres Seang, Anggota Polres Serang dan perwakilan anggota Polsek jajaran Polres Serang.

Adapun Peserta yang terlibat dalam kegiatan tersebut 1 (Satu) Pleton Dalmas gabungan Polsek Jajaran, 1 (Satu) Pleton Polwan Polres Serang, 1 (Satu) Pleton gabungan Sat Fung Polres Serang sebagai Tim Bulsit.

Dengan skenario yang di peragakan dalam kegiatan simulasi tersebut, pada hari Minggu tanggal 3 November 2019 Pukul 13.30 WIB telah dilaksanakan telah dilaksanakan pengamanan pemilihan Kepala Desa di Desa Songgom Jaya, Kecamatan Cikande Kabuapaten Serang.


Pada Pukul 14.00 WIB dilaksanakan penghitungan rekap suara Pilkades serentak 2019, namun pada saat penghitungan situasi kurang kondusif, orang yang diduga sebagai provokasi mengatakan Pilkades serentak tidak sah dan berusaha merebut kotak suara.

Dalam simulasi tersebut, Kapolres Serang memerintahkan kepada Kabagops untuk menyiapkan Personil Pengamanan disesuaikan dengan estimasi massa dan potensi kerawanan pada saat berlangsungnya aksi unjuk rasa.

Sedangkan, Kasat Intelkam memerintahkan untuk melakukan pemantauan di titik kumpul massa aksi yang akan melakukan aksi unjukrasa.

Selanjutnya, Kasat Lantas memerintahkan Patwal untuk melakukan pengawalan dari titik kumpul massa aksi hingga di Kantor Kecamatan Cikande, Kabuapaten Serang. Sesampainya dilokasi Aksi massa langusung menggelar orasi di Jalan dan mengakibatkan kemacetan arus Lalulintas, selanjutnya Kasat Lantas memerintahkan kepada petugas Lalulintas untuk melakukan pengalihan arus Lalin di lokasi Aksi Unjukrasa.


"Tim Negosiator memberikan himbauan - himbauan terhadap massa aksi , selanjutnya Perwakilan massa dengan didampingi oleh Petugas pengamanan. Serang, menyampaikan aspirasi akan tetapi merasa tidak puas atas tanggapan dari pihak Kantor kecamatan Cikande Kabupaten Serang dan langsung keluar," kata Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan, saat memberikan arahan terkait Penanggulangan Aksi Unras Anarkis.

Indra menjelaskan, setelah oerwakilan bergabung kembali dengan massa aksi lainnya, situasi semakin memanas dimana para pengunjukrasa berupaya menerobos Pleton Dalmas awal (tanpa tameng). Saat dilakukan himbauan massa tetap berupaya menerobos masuk, dan Dalmas awal terdesak kemudian dilakukan pergantian dengan Pleton Dalmas ganti (pake tameng).

Maka, lanjut Indra eskalasi tindakan anarkis oleh massa aksi semakin meningkat dengan melakukan pelemparan - pelemparan ke arah Petugas dan massa tidak menghiraukan himbauan agar tetap tertib.


Selanjutnya diterjunkan Pleton Dalmas Lanjut dan tim Tindak  (Sat Reskrim), dan dilakukan penangkapan terhadap provokator dan pelaku anarkis sehingga situasi semakin memanas dimana massa semakin bringas, selanjutnya dilakukan Peringatan Tegas dengan menyiapkan Tim Rainmas dan AWC, situasi semakin tidak terkendali dan dilakukan tindakan tegas terukur, untuk membubarkan massa aksi.

"Setelah massa aksi dapat dibubarkan selanjutnya Kabagops memerintahkan kepada Kasat Tahti untuk mengkompukir korban dan barang - barang yang rusak akibat Aksi Unras tersebut," jelas Kapolres.

Kapolres Serang memerintahkan kepada Jajaran Polres Serang dan menghimbau kepada unsur TNI untuk melakukan Patroli gabungan ke Wilkum Polres Serang.


Dilanjut kegiatan simulasi pilkades oleh kapolsek tirtayasa AKP Hendry Dunand, dirinya menjelaskan persiapan pengaman, dimana masyarakat tidak puas dengan hasil yang di perhitungkan oleh panitia Pilkades.

"Saya sudah menyiapkan 10 Personel dari Polsek Tirtayasa terdiri dari 4 Personil polsek dan 6 personil polres mengamankan hasil kotak suara bersama denagn anggota panitia," jelas Hendry.

Senada dengan AKP Hendry, Kapolsek Petir AKP Edi menjelaskan persiapan penagaman dimana hasil tidak puas dengan hasil yang di perhitungkan pengamanan di pertebel untuk pengamanan di BKO kan dari Polda sebanyak 30 personil dan 4 personil langkah lanjut personil mengamanakan kotak suara sekaligus oleh panitia yang berjaga di TPS.

Rangkaian kegiatan Latihan Simulasi Penanggulangan Aksi Unjukrasa Anarkis Pilkades serentak tahun 2019 selesai pukul 11.30 wib berjalan dengan aman tertib dan lancar.

(Ans/01)

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Kehilangan Surat Akta Jual Beli

Kehilangan Surat Akta Jual Beli
Telah Hilang Surat Berharga Berbentuk Akta Jual Beli (AJB) No. 436/29/crg/1997 A/n: Ny Janah Binti Jamari Pada Hari Rabu tanggal 16 September 2020

Media Partner

Wikipedia

Hasil penelusuran

SerangTimur.Co.Id

Featured Post

Dua Pelaku Penggelapan Ribuan Sepatu Senilai 570 Juta Berhasil Diringkus Satreskrim Polres Serang

SERANG | Personil Unit Pidana Umum dibantu Tim Buru Sergap (Buser) Satuan Reserse Kriminal Berhasil meringkus pelaku penggelapan ribuan pas...

Berlangganan Artikel

Berita Terkini

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Back to Top
Inspirasi Anak Bangsa