Kasi Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang : Puncak Musim Penghujan Diperkirakan Januari 2020

serangtimur.co.id
Senin, November 11, 2019 | 21:11 WIB Last Updated 2019-11-11T14:11:13Z


SERANGTIMUR.CO.ID, SERANG | Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikai (BMKG) memprediksi bahwa, untuk wilayah Kabupaten/Kota Serang dan Cilegon memasuki awal musim hujan pada Dasarian I sampai III bulan Desember mendatang.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG kelas 1 Serang, Tarjono saat di temui di Kantor BMKG, Serang-Banten, Senin (11/11/2019).

"Kalaupun ada hujan pada bulan November ini sifatnya masih dibawah normal, karena awal musim hujan pada Dasarian I sampai III bulan Desember mendatang. Sedangkan Puncak Hujan pada Januari 2020," kata Tarjono.

Sedangkan dirinya menghimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai bencana diperiode peralihan musim itu ialah bencana Hidrometeorologi.

"Periode peralihan adalah periode antara musim hujan dengan musim kemarau ataupun sebaliknya. Periode ini biasanya ditandai dengan banyaknya gangguan-gangguan cuaca di wilayah khatulistiwa khususnya Indonesia," jelasnya.

Adapun bencana yang perlu diwaspadai yakni, suhu ekstrim (maksimum), angin kencang, angin puting beliung, hujan lebat, petir dan gelombang tinggi. Selain itu, untuk instansi terkait dan masyarakat kiranya dapat mulai membersihkan dan membenahi drainase, agar ketika masuk musim hujan tidak terjadi banjir.

"Himbauan kepada masyarakat pada saat hujan lebat di sertai angin kencang jangan berteduh di bawah pohon," tutupnya.

(Ady/Redaksi)
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kasi Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang : Puncak Musim Penghujan Diperkirakan Januari 2020

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan