Bantuan BOS Afirmasi SD Carenang 3 Diduga Bermasalah



SERANG (STC) - Bantuan Operasional Sekolah Afirmasi yang selanjutnya disebut BOS Afirmasi adalah program pemerintah pusat yang dialokasikan bagi satuan pendidikan dasar dan menengah yang berada di daerah tertinggal sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Salah satu penerima progran tersebut yakni SDN Carenang 3 yang berlokasi di Kampung Ciguha, Desa Carenang, Kecamatan Carenang, Kabupaten Serang mendapatkan bantuan yang diperuntukan untuk membeli sarana sekolah.

Ketika dikonfirmasi, Kepala Sekolah SDN Carenang 3 Fatoni tidak mengetahui terkait pembelanjaan bantuan BOS Afirmasi tersebut, dikarenakan dirinya baru menjabat satu bulan.

"Silahkan tanyakan saja sama Ibu Kamsinah selaku kepala sekolah terdahulu. Sekarang beliau jadi kepala sekolah di SDN Carenang 2," ungkapnya.

Fatoni mengatakan, dirinya hannya mengetahui pembelanjaan yang dibelikan, yakni Tablet 12 unit, Laptop 1 unit, Komputer 1 paket dan alat internet.

"Silahkan tanyakan saja sama Kepala Sekolah yang bersangkutan, ditambah lagi operator sekolahnya sedang diluar," katanya.

Sementara itu, Kamsinah ketika dikonfirmasi di ruang guru SDN Carenang 2 mengungkapkan untuk anggaran yang diterima terkait bantuan BOS Afirmasi sebesar Rp 50 jt dan sudah dibelanjakan.

"Itu ditransfernya ke PT tersebut. Itu tidak ada masalah, karena saya kesini sudah tenang," ungkapnya.

Masih kata Kamsinah, pokonya kita (pihak sekolah) tidak tahu menahu, sudah dari Dinas, dari pusat dan bekerjasama dengan Perusahaan Terbatas (PT). Mekanismenya kita mencairkan langsung ditransfer ke PT. Dari pusat kerekening sekolah, dari rekening sekolah jumlahnya sebesar Rp 50 jt.

"Sudah kami belanjakan melalui PT, dimana barang yang kami beli yaitu Komputer, Laptop, Tablet 13 unit dan Infokus," tambahnya.

#Nurlan

Post a Comment

0 Comments