Puskesmas Cikuya, Gelar Sosialisasi Pencegahan Virus Corona

serangtimur.co.id
Jumat, Maret 06, 2020 | 19:36 WIB Last Updated 2020-03-06T12:36:03Z


TANGERANG (STC) - Meski belum ada laporan adanya warga yang terjangkit virus corona yang saat ini menjadi perhatian dunia, namun Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang melalui Puskesmas Cikuya terus meningkatkan pengawasan dan antisipasi dini.

Upaya tersebut dilakukan dengan melakukan sosialisasi terkait dengan virus corona. Demikian halnya yang dilakukan Puskesmas Cikuya. Sosialisasi tersebut berlangsung di Aula Puskesmas Cikuya, Kecamatan Solear, Jum'at (6/3/2020).

Kepala UPT Puskesmas Cikuya drg. Dono Koesoemo menuturkan, sosialisasi ini digelar sebagai upaya untuk menjawab keresahan masyarakat terkait dengan pemberitaan virus corona belakangan ini.

"Ini untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang virus corona dimana virus baru tersebut menyebabkan penyakit pada saluran pernafasan," ucapnya.

drg. Dono mengatakan, bahwa virus tersebut berasal dari Cina. Olehnya itu, sebagai upaya pencegahan sejak dini dia mengajak kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan.


Misalnya sambung dia, sering cuci tangan pakai sabun, menggunakan masker jika batuk, atau pilek, komsumsi gizi seimbang perbanyak sayur dan buah.

"Selain itu, hati-hati kontak dengan hewan, rajin olahraga, jangan komsumsi daging yang tidak masak dan jika batuk pilek serta sesak segera ke fasilitas kesehatan terdekat," katanya.

Lebih lanjut menegaskan, bahwa pemberitaan terkait dengan virus corona di media begitu meresahkan masyarakat, sehingga perlu dilakukan sosialisasi disetiap Desa diwilayah kerja Puskesmas Cikuya.

"Jadi sosialisasi ini dilakukan untuk menjawab keresahan masyarakat sekitar diwilayah Puskesmas Cikuya," pungkasnya.

Sementara itu, Camat Solear H.Soni Karsan menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan terkait dengan viralnya wabah penyakit virus Corona yang saat ini tengah melanda.


"Bahwa dalam memberikan pelayanan kepada  masyarakat merupakan salah satu tugas saya, seperti pada kegiatan ini, ini merupakan bentuk tindak lanjut rapat koordinasi dengan pemerintah daerah kabupaten Tangerang terkait penanggulangan/pencegahan penyebaran virus corona," ucapnya.

Adanya tindak lanjut dari seluruh elemen dalam mensosialisasikan tentang Virus Corona ini kepada masyarakat khususnya di wilayah kecamatan solear ini.

"Untuk dapat tercegah indikasi virus corona, masyarakat wajib menerapkan pola Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Salah satunya dengan rutin mencuci tangan dengan air mengalir sebelum dan sesudah beraktifitas," ungkapnya.

Sedangkan untuk masyarakat, dia pun menyarankan agar rutin membersihkan rumah dan lingkungan sekitar apalagi pasca terjadinya genangan air. Karena lingkungan yang kotor bisa menjadi pemicu timbulnya berbagai penyakit.

#Mad Sutisna
iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Puskesmas Cikuya, Gelar Sosialisasi Pencegahan Virus Corona

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan