H. TB Masduki Dalam Perspektif Kebantenan

serangtimur.co.id
Senin, Juli 27, 2020 | 10:10 WIB Last Updated 2020-07-27T03:15:28Z


SERANG - Memiliki kiprah yang panjang dalam dunia usaha khususnya dibidang Bongkar Muat Pelabuhan putra kelahiran Serang Banten pada tanggal 3 Maret 1972, melebarkan sayap usahanya H.Tb. Masduki memberikan konsentrasi khusus usaha dibidang tracking transpoter sampai H.Tb.Masduki memutuskan untuk membangun Holding Company yang diberi nama Tubagus Jaya Mahakarya (TJM).

Kerelaan H.Tb.Masduki dalam membantu dan ikut pemebesarkan para Pengusaha lokal menjadi lebih di daerahnya masing-masing. Investasi sosial yang selama ini H.Tb.Masduki bangun untuk Pengembangan budaya banten khususnya Seni budaya Debus akhirnya menjadi branding yang melekat dikalangan masyarakat banten terhadap H.Tb.Masduki

Sosok yang cukup kharismatik dan humanis memudahkan H.Tb.Masduki menyapa diterima diberbagai lapisan masyrakat, dikalangan Kiai ulama, H.Tb.Masduki bertekad untuk mengangkat harkat dan martabat Kiai, Ustad dan para Santri Salafiyah.

Sementara, dikalangan perguron H.Tb.Masduki dengan sukarela ikut membantu mengembangkan sekaligus memberayakan anggota para peruguron yang ada di Banten, para pegiat seni budaya Banten membranding H.Tb.Masduki sebagai Sosok yang peduli akan  kebudayaan Banten.

Pengalaman International khususnya dibidang Tata kelola Kemaritiman di benua Eropa yang dimiliki oleh H.Tb.Masduki juga bisa menjadi modal besar dalam membangun Poros kebangkitan Kemaritiman di Banten.

Sejarah mencatat 1726, Pelabuhan karang hantu Banten menjadi Pelabuhan International yang besar dan menjadi pusat perniagaan dunia International. Potensi inilah yang harus gali kembali oleh sosok H.Tb.Masduki sebagai seorang yang memiliki pengalaman dibidang tata kelola kemaritiman.

Selain Ketua Bidang Organisasi Perusahaan Bongkar Muat Se-Indonesia H.TB.Masduki juga pernah menjadi Duta Kemaritiman ke Eropa mewakili Indonesia penyelesaian masalah duelibg time dan Penentuan Tarif setelah berkiprah di internasional kembali ke Banten.

Sisi keunikan lain yang ada pada H.Tb.Masduki adalah hampir disemua Organisasi Masyarakat (ORMAS) yang ikuti oleh H.Tb.Masduki, baik ditingkat daerah ataupun ditingkat Nasional, sosok H.Tb.Masduki selalu di tuakan atau di tokohkan untuk menjadi Dewan Penasehat atau Dewan Pembina, mungkin karena Aura Duriyat Kebantenan yang secara fitrah sudah begitu melekat pada diri H.Tb.Masduki. 

Tahun 2012 terjadi degradasi hebat di Banten, runtuhnya nilai-nilai kebantenan yang disebabkan tata kelola pemerintah provinsi yang korup, menjadikan Banten tidak lagi dilihat sebagai daerah yang religius, berbudaya dan tinggi akan nilai-nilai sejarah bangsa ini, gelar Tubagus dan Ratu menjadi cemar akibat distorsi yang melekat pada kepala daerah yang memimpin Provinsi Banten pada saat itu.

Dikalangan Pegiat sejarah banten tentu mengembalikan Marwah Banten sebagai daerah yang Religius, berbudaya, Bersejarah dan Bermartabat tidak semua membalikan telapak tangan, marwah Kebantenan yang luhur berbudaya dan Bermartabat memerlukan Sosok dan Figur Baru yang bisa diterima oleh semua kalangan masyarakat Banten.

Sifat Kiai dan Jawara yang menjadi ciri khas jiwa dan karakteristik banten harus tercermin dalam sikap Intelektulitas Banten, sosok inilah yang bisa diperlukan untuk mau membangkitkan sekaligus menjaga kembali marwah atau nilai-nilai kebantenan yang Luhur, Berbudaya dan bermartabat.

Dalam berbagai diskusi dikalangan Intelektual Muda banten Sosok H.Tb.Masduki yang sudah memiliki Investasi Panjang dibidang usaha, sosial, budaya banten dan bisa merangkul berbagai kalangan dan lapisan masyarakat menjadi Sebuah Harapan Baru bagi Masyarakat Banten.

Banten memerlukan sosok yang secara konsisten dan Ikhlas untuk menjaga Marwah dan Nilai-nilai kebantenan dan itu ada pada sosok H. Tb. Masduki.

Banten yang kaya akan sumber daya alam, dengan peta Kemaritim-an  yang startegis dan memiliki nilai jual yang sangat signifikan, adalah modal dalam mensejahterakan masyarakat banten, tinggal bagaimana kendali tata kelola dilakukan dengan jujur, amanah dan benar, dan ini memerlukan sosok yang juga memiliki wawasan kearah penggalian sumber daya alam, laut dan strategy yang jitu dalam pengelolaan yang berorientasi pada kesejahteraan masyrakat Banten.

Semoga Sosok H.Tb. Masduki bisa membawa Amanah kebantenan secara menyeluruh untuk Kebangkitan dan kesejahteraan masyarakat Banten dan itu menjadi harapan kita bersama Amiin.

#Redaksi

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • H. TB Masduki Dalam Perspektif Kebantenan

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan