Kabar Baik, Samsat Induk Kelapa Dua Tangerang Sudah Beroperasi | serangtimur.co.id -->

Kamis, 09 Juli 2020

Kabar Baik, Samsat Induk Kelapa Dua Tangerang Sudah Beroperasi



TANGERANG (STC) - Hampir tiga bulan berjalan Bapenda Provinsi Banten membuka pelayanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) di pusat perbelanjaan Mall Sumarecon Digital Centre (SDC) di Curug Sangereng Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

Kepala Badan Pendapatan Daerah di Kantor Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) Drs.H.Opar Sohari.,M.pd melalui Kepala Seksi Penetapan penerimaan dan Penagihan (Plt) Vani Ambarwati Silvany S.H, M.Si mengatakan, Samsat Kelapa dua merupakan samsat Induk satu satunya yang ada di Provinsi Banten berada di pusat perbelanjaan yaitu di Mall Sumarecon Digital Centre (SDC).

"Ada 10 Kecamatan, ini merupakan terobosan baru dimana masyarakat bisa membayar pajak sambil berbelanja di mall," kata Vani, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (08/7/2020).

Vani menjelaskan, Samsat Kelapa dua bukan hanya melayani proses daftar ulang saja namun sudah bisa lainnya seperti BBN I/II, mutasi, STNK hilang, pajak air dan lainnya.

"Untuk wilayah Kabupaten Tangerang yang kami layani sekarang ada 10  Kecamatan, yakni mencakup Kelapa Dua, Pagedangan, Cisauk, Curug, Legok, Sepatan, Sepatan timur, Kosambi, Pakuhaji dan Teluknaga," jelasnya.

Vani menambahkan, apakah masyarakat sudah mengetahui adanya samsat induk di mall, menurutnya, masyarakat sudah banyak yang mengetahuinya,

"Sudah saya sosialisasikan dengan pemasangan spanduk/baner di beberapa titik strategis jalan yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang, dan di samsat sebelumnya sudah dipasang spanduk, pastinya pegawai bapenda serta anggota polisi yang bertugas di sana akan memberitahukan keberadaan samsat induk kelapa dua yang baru ini," ujarnya.

Sementara, lanjut Vani, Animo masyarakat sangat tinggi dan sudah mulai banyak berdatangan ke samsat kelapa dua yang berada dilantai dua, untuk mengurai penumpukan terlebih dimasa pandemi covid 19.

"Kami juga menyediakan mobil samling bagi masyarakat yang hendak perpanjangan tahunan. Lokasinya ada di bawah tidak jauh dari  loket kontainer biru cek fisik, dan memang sementara kami batasi bagi masyarakat yang hendak mengurus surat kendaraannya selama pandemi ini yaitu 50% dari jumlah normal yang datang ke samsat kelapa dua," tukasnya.

Untuk diketahui, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Banten sebelumnya selalu melampui target realisasi pajak untuk kas Pendapatan Asli Daerah (PAD) seperti ditahun 2018 Bapenda telah berpendapatan lebih dari target, kemudian berhasil membidik dan menghasilkan pendapatan sesuai target serupa lagi di tahun 2019.

PAD yang disumbang Bapenda memang lebih banyak dipungut dari sektor pajak kendaraan bermotor (PKB). Maka untuk terus membuat peningkatan pendapatan pajak di 2020 salah satu upayanya untuk terus meningkatkan pelayanan di semua gerai-gerai baru dalam aturan ‘New Normal’ dan pihaknya akan lebih intensif lagi, membuat sejumlah langkah dan inovasi agar tetap bisa membuat pencapaian target 2020.

Berbagai alternatif untuk pelayanan pajak kendaraan di unit-unit gerai dan layanan kantor Samsat dibeberapa wilayah dilakukan, tetap akan dapat meningkatkan PAD Provinsi Banten pada target 2020 ini, khususnya dari layanan samsat di SDC Kelapa Dua Tangerang.

#Syt/Redaksi

Show comments
Hide comments
Tidak ada komentar:
Write comment

Afflah Ekspress






Media Partner

SerangTimur.Co.Id

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Berlangganan Artikel

Berita Terkini

Wikipedia

Hasil penelusuran

Featured Post

Kapolsek Ciomas Hadiri Pengambilan Sumpah dan Pelantikan 21 Anggota BPD

SERANG | Kapolsek Ciomas Polres Serang Kota menghadiri kegiatan pengambilan sumpah dan Pelantikan Anggota Badan Pemusyawaratan Desa (BP...

Back to Top
Inspirasi Anak Bangsa