KPU Kabupaten Serang, Hibahkan BMN Thermogun ke Pemkab Serang


SERANG | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang memberikan hibah barang berupa Thermogun kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang. Thermogun merupakan Barang Milik Negara (BMN) yang digunakan KPU pada pelaksanaan Pilkada Kabupaten Serang 9 Desember 2020 lalu.


Ketua KPU Kabupaten Serang, Abidin Nasyar Surya mengatakan, bahwa hari pihaknya bersama Pemda Kabupaten Serang melakukan rapat kerja terkait hibah.


"Baik APD (alat pelindung diri), alat kesehatan (alkes) termasuk thermogun yang sudah kami hibahkan ke pemda," ujar Abidin kepada wartawan disela Rapat kerja pengelolaan hibah BMN berupa Thermogun pasca Pemilihan Bupati Wakil Bupati Serang tahun 2020 di Ledian Hotel pada Kamis, 28 Januari 2021. 


Pada Rapat kerja pengelolaan hibah BMN tersebut pihaknya mengundang para camat dan ketua PPK (panitia pemilihan kecamatan), untuk memastikan keberadaan Thermogun.


"Setelah dihibahkan, silahkan digunakan untuk apa saja baik desa, sekolah atau kepentingan yang lain. Itu sudah kita hibahkan ke pemda, silahkan akan difungsikan untuk apa. Kalau pun kemudian besok atau bulan depan akan dilaksanakan pilkades bisa digunakan," terang Abidin. 


Sedangkan untuk jumlah BMN berupa Thermogun sebanyak 3.420, jumlah itu terbagi sebut Abidin, untuk TPS (tempat pemungutan suara) sebanyak 3.065 unit, di pemerintah desa 326 unit, dan 29 unit di kantor kecamatan. Sehingga menjadi domian Pemda Serang akan digunakan untuk apa karena pihaknya sudah menghibahkan dan MoU pada Desember 202 lalu.


"Jadi, hari ini kita memastikan keberadaan thermogun tersebut. BMN harus dikembalikan ke negara, berdasarkan surat dari Kemendagri, KPU RI dan Sekjen KPU ketimbang disimpan di gudnag tidak bermanfaat lebih baik dihibahkan ke pemda," ungkap Abidin.


Hadir pada rapat kerja tersebut, Asisten Daerah (Asda) 1 Setda Kabupaten Serang, Nanang Supriatna, Kabag Hukum, Sugihardono, perwakilan dari DPKAD, Camat dan Ketua PPK se Kabupaten Serang. 


Asda 1 Setda Kabupaten Serang, Nanang Supriatna mengatakan, terkait hibah BMN Thermogun nanti akan dilakukan verifikasi dan Inspektorat membuat tim untuk mengecek kepada para camat ada berapa yang sudah terkumpul dan yang belum terkumpul.


"Pemda akan inventarisir ke bawah mohon para camat membantu, dan nanti harusnya dikumpulkan di bagian aset," ujarnya. 


Nanang memastikan, jika Thermogun tersebet akan bermanfaat yang akan disalurkan kepada PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Serang, sekolah, kecamatan dan desa.


"Yang menarik jika akan dilaksanakan Pilkades pasti bermanfaat," tuturnya.


#Ansori

Post a Comment

0 Comments