Dilantik Besok, Ratu Tatu Chasanah Sampaikan Program Prioritas Periode Kedua

Ansori S
Kamis, Februari 25, 2021 | 18:11 WIB Last Updated 2021-02-25T11:11:15Z

SERANG | Ratu Tatu Chasanah dan Pandji Tirtayasa dipastikan dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Serang periode 2021-2026 pada Jum'at (26/2/2020). Berbagai pekerjaan rumah (PR) siap dituntaskan Ratu Tatu pada periode kedua. 


Apakah itu? Menurut Tatu, bersama Pandji Tirtayasa akan melanjutkan program-program yang belum terselesaikan di periode sebelumnya.


"Terutama terkait dengan peningkatan sumber daya manusia dan pemberdayaan masyarakat," kata Tatu kepada wartawan sehari sebelum dilantik, Kamis (25/2/2021). 


Tatu menilai, pemberdayaan masyarakat ke depan menjadi penting agar turut serta menjaga lingkungan, ikut membangun daerah melalui fungsinya masing-masing, serta bersinergi menciptakan kesejahteraan masyarakat.


"Berkaitan dengan mengubah pola pikir masyarakat pasti dibutuhkan ketekunan, kesabaran, dan yang tidak kalah penting semangat untuk berubah menjadi lebih baik," ujarnya. 


Tugas lain yang juga menjadi prioritas adalah program mengurangi pengangguran dengan lebih meningkatkan pemberdayaan UMKM, mendorong program bidang pariwisata, dan kerja sama pelatihan industri.


"Kami juga punya pekerjaan pokok yang lain, yakni menyiapkan pembangunan pusat pemerintahan," ujarnya. 


Pemerintah Kabupaten Serang akan tetap fokus pada upaya peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM). Oleh karena itu, pelayanan pada sektor pendidikan, kesehatan, dan program peningkatan daya beli masyarakat akan tetap prioritas. 


"Aspek pembangunan infrastruktur jalan Kabupaten Serang insya Allah tuntas di periode pertama, dan dilanjutkan ke jalan Desa pada periode kedua. Program ini mendukung aksesibilitas ekonomi masyarakat dan mendorong tingkat daya beli," ujarnya.


Program pendidikan dan kesehatan terus dilanjutkan, mulai dari pemberian beasiswa SD-SMP dan perguruan tinggi, program kejar paket, sarana prasarana, dan peningkatan kualitas pendidik.


"Bidang kesehatan, kita akan menuntaskan bantuan ambulans untuk 326 desa. Kemudian peningkatan kuantitas dan kualitas pelayanan kesehatan di tingkat puskesmas dan Rumah Sakit dr Dradjat Prawiranegara," ujarnya. 


Program bidang pertanian dan perikanan, serta ketahanan pangan juga terus didorong untuk lebih maksimal.


"Sektor ini juga, mendorong program peningkatan produksi pertanian dan perikanan, menuju ketahanan pangan berkelanjutan," ujar Tatu. 


Saat ini, Indonesia masih melawan pandemi Covid-19. Tatu menilai, Pemkab Serang harus terus menyesuaikan diri dalam proses pelaksanaan program dan pelayanan kepada masyarakat. Oleh karena itu, ke depan pelayanan berbasis digital dan sistem pelayanan berbasis elektronik (SPBE) harus semakin maksimal.


"Indonesia harus bangkit, program vaksinasi harus bersama dituntaskan, dan disiplin akan protokol kesehatan harus diperkuat," ujarnya. 


Tatu berharap, semua stakeholder, terutama masyarakat secara umum bersinergi dengan Pemkab Serang dalam mencapai harapan bersama.


"Kami juga selalu memohon do'a, terutama dari para ulama, agar saya dan Pak Pandji selalu diberikan kesehatan dan kekuatan dalam menjalankan amanah ini," pungkasnya.


#Ansori

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dilantik Besok, Ratu Tatu Chasanah Sampaikan Program Prioritas Periode Kedua

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan