Rekrutmen Berangkat ke Jepang oleh Yayasan Kazoku Sugih Mukti Diduga Tidak Transparan

CIANJUR | Yayasan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yang terletak di Jln. Baros Perumahan Ayu Wangi Kecamatan Sukataris, Kabupaten Cianjur-Jawa Barat dengan merekrut jurusan SMK untuk bekerja ke luar negeri yaitu dengan cara magang di Negeri Sakura Jepang untuk jurusan pertanian dan keperawatan.


Saat di konfirmasi salah satu guru SMK Muhamadiyah Tirtayasa Dwi mengatakan, bahwa dirinya sudah MoU dengan LPK Kazoku Sugih Mukti. Dan itu adalah program sekolah yang sudah bekerjasama untuk di berangkatkan ke luar negeri


"Itu program sekolah yang sudah bekerjasama dengan LPK, yang jelas untuk pembiayaan saya yang mengkafer ketika ada yang belum bisa memenuhi biaya flet itu, rata rata 5.jt untuk pembiayaan pendidikan di LPK seperti modul dan keperluan pendidikan bahasa," ungkapnya, Jum'at (21/5/2021).


Dwi menambahkan untuk rincian penggunaan, dirinya menerangkan pada saat sosialisasi di sekolah bersama orang tua murid.


"Sudah diterangkan pada orang tua murid pada saat sosialisasi di sekolah," ujarnya.


Sementara itu, terkait transparansi penggunaan dana awal sebesar Rp. 5 juta, pengelola LPK Kazoku Sugih Mukti Andri mengatakan bahwa Dana sebesar Rp.5 Juta itu dana flat selama pendidikan di LPK.


"Kami saat sosialisasi, bahkan sudah menerangkan ke orang tua kandidat serinci mungkin, ada yang menulis mungkin juga ada yang tidak, ya kami akui bahwa memang tidak memberikan bentuk brosur dan juga rincian biaya kepada pihak orang tua kandidat, mungkin itu tugasnya pihak sekolah," ujarnya,Sabtu (22/5/21).


Andri menjelaskan, untuk kandidat yang tujuannya ke Jepang semua tenaga kerja itu Magangnya beda dengan yang ke Swedia dan Polandia.


"Ya pasti berbeda dari segi pengupahan/gajinya dengan gaji yang tenaga kerja magang," tandasnya.


Saat di tanyakan siapa yang salah terkait transparansi dan akuntabilitas penggunaan dana dan rekrutmen karena pihak orang tua murid/kandidat tidak memiliki rinciannya, dirinya pun mengakui. 


"kalo di tanya seperti itu ya semua salah, tapi kedepanya akan kami perbaiki," pungkasnya.


Sekedar di ketahui LPK Kazoku Sugih Mukti selain magang ke Jepang, LPK inipun bekerja sama dengan PJTKI Aljibaran untuk memberangkatkan ke negara Swedia dan Polandia.


(Tim)

Post a Comment

0 Comments