Dikonfirmasi Program P3-TGAI asal Jadi, Kades Batu Kuwung Sebut Pertanyaan Wartawan Ngecaprak

SERANG | Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) yang ada di wilayah Kampung Barengkok, RT 02/RW 01, Desa Batu Kuwung, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang - Banten, diduga dalam pelaksanaannya asal-asalan.


Terlihat dalam video berdurasi 30 detik, nampak dalam pemasangan batu TPT Drainase, seorang pekerja menceburkan batu kedalam air, dan kemudian mengijak batu tersebut kedalam lumpur.


Sebelumnya, saat media melakukan konfirmasi Kamis, (12/8/2021), salah satu pekerja yang tidak mau menyebutkan namanya, mengatakan bahwa pekerjaan P3-TGAI tersebut di borongkan.


"Ya, untuk pekerjaan ini borongan, dan untuk upah Rp 80.000;/ per meter lari," katanya.


Terpisah, Kepala Desa Batu Kuwung, Aeng Haerudin saat di konfirmasi melalui telepon seluler, mengatakan, bahwa dirinya sudah ke lokasi dan mengecek pekerjaan tersebut ternyata kokoh, dan airnya pun sudah di bendung.


Aeng berdalih, jika area tersebut memang airnya menggenang, dan dirinya juga sudah melarang agar jangan dikerjakan dulu. Tapi kalau untuk kemarin-kemarin yang kesana, memang sudah kering.


"Udahlah nggak usah ngomong (ngacaprak-red) kemana-mana, dari media mana-mana juga nggak suka banyak omong, kalau mau, sama anda di bongkar sekalian make bodem, nanti saya bikin laporan, terus bikin jalurnya yang bagus, yang kuat," ucap Aeng, Senin (16/8/2021).

Aeng juga mengungkapkan jika dirinya sudah memarahi ketuanya, dan meminta agar tidak ceroboh.


"Semua juga pengenya kuat pekerjaannya, pengenya pakai semen tiga roda. Sebelum saya turun mah ngamuk, tetapi setah saya ke lokasi ternya kuat," ujarnya.


Saat ditanya soal papan informasi proyek (PIP), Aeng haerudin, mengatakan, mungkin belum di pasang dan ia meminta agar ditanyakan kepada pendamping.


Sementara itu Ketua P3-TGAI dan diketahui sebagai Sekertaris Kepala Desa (Sekdes) Pulung Rahmat, saat dikonfirmasi melalui telepon seluler dan via WhatsApp, namun yang bersangkutan tidak merespon, seolah terkesan enggan di konfirmasi media.


Belum diketahui berapa nilai angaran untuk program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) yang ada di wilayah Kampung Barengkok, RT 02/RW 01, Desa Batu Kuwung, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang Banten ini.


Kendati demikian, proyek P3-TGAI yang sedang dikerjakan tersebut diduga kuat dalam pelaksanaannya bermasalah dan terkesan asal-asalan.


#Rofiyadi/Din

Post a Comment

0 Comments