PPD Desa Junti Lakukan Pelantikan dan Pengambilan Janji Sumpah Anggota KPPS

serangtimur.co.id
Jumat, Agustus 06, 2021 | 17:06 WIB Last Updated 2021-08-06T10:06:23Z

SERANG | Panitia Pemilihan Desa (PPD) Desa Junti Kecamatan Jawilan Kabupaten Serang. Melaksanakan pelantikan, penetapan dan pengambilan sumpah janji anggota Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Tahun 2021 di 7 Desa se-Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang, Jum'at (6/8/2021).


Ketua PPD Desa Junti Iman Hidayat dalam sambutannya menyampaikan pelantikan KPPS ini merupakan proses sesuai dengan tahapan Pilkades serentak. Pelantikan dan Pengambilan sumpah terhadap perwakilan anggota dari 11 KPPS  Desa Junti, sudah sesuai dengan Perbup Serang No.3 Tahun 2021 tentang Pedoman Pemilihan Kepala Desa.


"Meskipun pelaksanaan pencoblosan Pilkades serentak diundur sampai pada waktu yang belum ditentukan. namun untuk tahapan proses penyelenggaraan Pilkades Desa Junti sudah selesai, hanya tinggal menunggu penetapan tanggal dan hari pencoblosan," ujarnya.


Oleh karenanya anggota KPPS merupakan ujung tombak dalam penyelenggaraan Pilkades, PPD Meminta kepada para anggota KPPS untuk bekerja secara profesional, indevenden dan netralitas tidak ada dibawah tekanan dari calon atau timses.


"Jangan coba-coba untuk melakukan hal kecurangan karena bilamana ada terjadi kesalahan maka tanggungjawab anggota KPPS," tandasnya.


Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Junti Mulyani, sesuai regulasi dan peraturan perundang-undangan yang ada Pildes tahun ini terdapat  11 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di sebelas kampung di Desa Junti kecamatan Jawilan.


Acara pelantikan dan pengambilan sumpah serta janji anggota KPPS demi menjaga netralitas dano profesionalisme dalam bekerja. KPPS harus siap bekerja awal hingga akhir jangan sampai meninggalkan tugas di TPS, menjalankan pelaksanaan pemungutan hingga penghitungan suara dengan benar dan harus memahami administrasi data pemilih.


Sementara itu Pj Kepala Desa Junti Mulyani dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kesediaan peserta yang hadir sebagai KPPS dan mengemban amanah negara.


Ia berharap dengan koordinasi dan tetap menjaga kekompakan antar sesama penyelenggara pemilu baik PPD maupun KPPS maka Pildes Junti dapat berjalan dengan baik dan kondusif, juga tetap menerapkan protokol kesehatan.


Penulis: Haris Ranau

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PPD Desa Junti Lakukan Pelantikan dan Pengambilan Janji Sumpah Anggota KPPS

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan