Gelar Pelatihan Jurnalistik, SKM DPC SPN Kabupaten Serang Undang Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Buddhi Dharma

serangtimur.co.id
Thursday, December 30, 2021 | 18:55 WIB Last Updated 2021-12-30T11:55:06Z
Foto: Istimewa

SERANG | SPN Komplen Media (SKM) DPC SPN Kabupaten Serang menggelar pelatihan jurnalistik dan media selama 2 hari 29-30 Desember 2021 di MBS Curug, Kota Serang-Banten. 


Panitia penyelenggara menghadirkan Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Buddhi Dharma Tia Nurapriyanti, M.IKom. Yang sekaligus juga merupakan direktur di Media serangtimur.co.id. Selain itu pula hadir sebagai pemateri Komisaris Media Online SerangTimur.co.id, Ansori S serta Gilang Wahyu pemateri internal SKM DPC SPN Kabupaten Serang.


Dalam penyampaian materinya, Tia Nurapriyati menyebutkan jika pentingnya para peserta terlebih dahulu harus bisa memahami apa itu media dan apa itu jurnalistik. 


Menurutnya, media adalah sebagai wadah (sarana) dalam menyampaikan sebuah pesan atau informasi terhadap publik, sedangkan jurnalistik adalah kegiatan menghimpun berita, mencari fakta, dan melaporkan peristiwa. Dan berita adalah Produk Jurnalistik yang di hasilkan oleh seorang Jurnalis.


"Jadi media itu sebagai wadah dalam menyampaikan sebuah pesan atau informasi kepada publik. Jurnalistik adalah kegiatan menghimpun berita, mencari fakta, dan melaporkan peristiwa. Sedang berita adalah Produknya, Produk Jurnalistik yang di hasilkan oleh seorang Jurnalis," ungkapnya. 


Namun, lanjut Tia, karya jurnalistik tidak bisa dibuat dengan asal-asalan. Ada kaidah didalamnya, serta memenuhi unsur 5w+1H, sehingga pembaca bisa memahami berita yang disampaikan melalui media tersebut. Baik itu media cetak, elektronik, media online dan lain sebagainya. 


"Adapun produk jurnalistik itu sendiri juga harus memiliki sifat dan karakteristik. Baik itu berita singkat, mendalam ataupun berita yang sifatnya membangun. Dan yang terpenting dalam setiap membuat berita tidak dibuat-buat, apa adanya, sesuai fakta dan jelas," tandanya.


Tia juga memberikan pesan pada peserta untuk mulai suka dengan menulis. 


"Setiap orang adalah wartawan, maka Menulislah dan berkaryalah," lanjutnya.


[Red]

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gelar Pelatihan Jurnalistik, SKM DPC SPN Kabupaten Serang Undang Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Buddhi Dharma

No comments:

Post a Comment

Kirimkan Komentar Anda di Kolom ini

Trending Now

Iklan