Dinas Perkim, Bangun Sarana Dan Prasarana di TPU Buniayu

Ansori S
Thursday, January 13, 2022 | 12:58 WIB Last Updated 2022-01-13T05:58:16Z
Foto: istimewa

TANGERANG | Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas Perumahan, Permukiman, dan Pemakaman (Dinas Perkim) terus melaksanakan pembangunan infrastruktur. Guna mencukupi fasilitas bagi masyarakatnya. 


Dikatakan Kepala Dinas Perumahan, Pemakaman, dan Pemakaman Iwan Firmansyah mengatakan, Sejumlah sarana dan prasarana pun dibangun. Mulai dari Perbaikan akses jalan pintu masuk, Rehab Gedung Kantor Petugas Makam, merehab Musholla, dan menata taman terbuka hijau untuk para pengunjung yang datang ke TPU Buniayu ini, bahkan organisasi perangkat daerah (OPD) ini juga akan membangun beberapa fasilitas penunjang lainnya.


"Tujuannya adalah untuk memberikan rasa nyaman bagi pengunjung yang datang ke TPU Buniayu. Kepala Dinas Perkim juga akan menambahkan, beberapa fasilitas penunjang lainnya," ucapnya, Kamis (13/1). 


Tugas dan fungsinya kaitan dengan pemakaman umum (TPU), Sejak Pandemi Covid-19 melanda pada tahun 2020, maka Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang, Siaga dan menyiapkan TPU Khusus Covid-19 yaitu di TPU Buniayu, Kecamatan Sukamulya.


"Pandemi 2020, Kami memakamkan 260 Jenazah dan di tahun 2021 bertambah banyak dengan angka 1261 jenazah Covid-19," ucapnya.


Sesuai dengan Program Pemkab Tangerang, Bapak Bupati Tangerang, Wakil Bupati Tangerang, Sekda Kabupaten Tangerang, untuk melengkapi fasilitas sarana dan pra sarana yang ada di TPU Buniayu, salah satunya adalah akses jalan penunjang menuju TPU Buniayu yang di benahi dan dirapihkan, agar bisa dilalui dengan nyaman dan baik oleh masyarakat yang berkunjung.


"Untuk mobil ambulan yang membawa jenazah untuk di makamkan di TPU Buniayu bisa melintasi jalan dengan nyaman, serta para peziarah juga bisa merasakan manfaatnya langsung, dengan luas tanah hampir 30 hektar, dan akan terus diperbaiki untuk sarana dan prasarana penunjang lainnya," ujarnya.


Sudah pasti, Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang memberikan palayanan yang terbaik untuk masyarakatnya, salah satunya menyiapkan pemakaman TPU Buniayu dengan fasilitas penunjang lainnya, dirinya juga memiliki Jargon Andalan dengan Motto "Ciptakan Makam Seperti Taman", agar masyarakat menjadi nyaman.


"Kami juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat sekitar TPU Buniayu, dan Pemerintah Desa Buniayu, serta beberapa Element lainnya, yang sudah mebantu penanganan pemakaman di TPU Buniayu, sehingga untuk saat ini sudah berjalan dengan baik dan lancar," tegasnya.


Sementara itu, Kepala Bidang Pertanahan dan Pemakaman Pada Dinas Perkim Kabupaten Tangerang Dadan Darmawan menambahkan, Untuk anggaran tahun 2021 sampai akhir di bulan Desember, telah dilaksanakannya Penataan dan Pembangunan Akses Jalan, Rehab Kantor Petugas TPU Buniayu, Rehab Musholla TPU Buniayu, dan Penataan akses jalan dengan bercocok tanam menanam Pohon Buah-buahan, agar nantinya manfaat dan kegunaanya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat dan para peziarah yang datang ke TPU Buniayu ini.


"Di awal bulan Maret  tahun 2020 sampai dengan 2021 jumlah total yang di makamkan di TPU Buniayu ada 1521 jenazah Covid-19, dan Alhamdulilah untuk di bulan Oktober 2021 sampai dengan Januari 2022 tahun ini, tidak ada yang di makamkan di TPU Buniayu akibat Covid-19 atau bahkan Varian barunya Covid-19, semoga hari ini dan seterusnya pandemi segera berakhir, dan bisa menjalankan aktivitas seperti biasa," paparnya.


Dirinya menambahkan, Dinas Perkim membangun dan melengkapi fasilitas sarana dan prasarana penunjang lainnya untuk kenyamanan dan keamanan masyarakat, untuk saat ini akses jalan sudah memadai dan di tata, seperti daerah parkir mobil yang sudah di sediakan, dan area parkir motor yang luas yang sudah di tata, dan bahkan bilamana ada peziarah yang datang malam hari, kami juga sudah menyiapkan sarana Penerangan Jalan Umum (PJU) di semua titik penjuru, agar malam hari terlihat lebih terang.


"Pastinya kedepannya kami akan terus berbenah diri untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dan pada tahun 2022 ini, kami juga akan melakukan pemagaran makam, membedakan mana makam yang untuk orang muslim dan non muslim, agar bilamana para peziarah yang datang bisa berdo'a lebih nyaman dan khusu, dan di depan pintu masuk ada aliran sungai yang besar bilmana di musim penghujan ditakutkan terjadi luapan air dan banjir, maka dari itu kami akan melaksanakan pekerjaan penurapan agar debit air mengalir dengan lancar dan baik," tukasnya. 


[Noy]

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dinas Perkim, Bangun Sarana Dan Prasarana di TPU Buniayu

No comments:

Post a Comment

Kirimkan Komentar Anda di Kolom ini

Trending Now

Iklan