Pemprov Banten Opitimis Tiga Proyek Jalan di Banten Bernilai Ratusan Miliar Selesai Tahun ini

serangtimur.co.id
Selasa, Januari 18, 2022 | 13:39 WIB Last Updated 2022-01-18T06:39:45Z
Wagub Banten Andika Hazrumy bersama Ketum Kadin Banten M Azzari Jayabaya (ist)

SERANG | Pada tahun 2022 ini Pemprov Banten berencana membangun tiga ruas jalan. Ketiga ruas jalan itu masing-masing, Jalan Lingkar Baros, Jalan Boru-Cikeusal dan Jalan Banten Lama-Tonjong.


Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy saat acara Pelantikan DPD Gabungan Perusahaan Kontraktor Nasional (Gabpeknas) Provinsi Banten, di salah satu hotel di Kota Serang pada Selasa, 18 Januari 2022.


"Jalan Lingkar Baros panjangnya empat kilometer. Pembangunan jalan ini bertujuan untuk mengurai kemacetan lalu lintas di Pasar Baros dan menunjang kawasan Sport Centre. Anggaran pembebasan lahannya Rp80 miliar dan dan untuk pembangunan fisik sebesar Rp150 miliar," terang Andika Hazrumy. 


Untuk Jalan Banten Lama-Tonjong, Andika menerangkan, panjangnya 1,5 kilometer dengan tujuan sebagai penunjang kawasan Banten Lama. Untuk anggaran pembebasan lahannya mencapai Rp55 miliar dan pembangunan konstruksinya Rp110 miliar.


Semenatra jalan yang menghubungkan kawasan Boru dengan Cikeusal, Andika juga menerangkan, penjangnya mencapai 10,3 kilometer. 


Jalan ini sebagai penunjang jalan tol Serang-Panimbang dan sebagai pendukung pertumbuhan kawasan perekonomian baru. 


"Anggaran untuk pemebasan lahannya mencapai Rp90 miliar dan untuk konstruksi akan dilaksanakan mulai 2023 dengan kebutuhan anggaran Rp300 miliar," ungkap Andika Hazrumy.


Andika juga menerangkan, Pemprov Banten sudah melaksanakan pembangunan dan pelebaran jalan dan jembatan, seperti Jembatan Bogeg dan Jembatan Ciberang target selesai pada akhir Februari 2022 ini.


"Pelebaran jalan dan peningkatan kondisi jalan, juga sudah terlaksana dengan baik. Dimana prioritas pembangunan infrastruktur diarahkan ke kabupaten dan Serang, serta Lebak dan Pandeglang. Kondisi jalan provinsi sudah 98 persen mantap, tahun 2022 akan tercapai 100 persen," bebera Andika. 


Yang tak kalah pentingnya, lanjut Andika, pembangunan jaringan irigasi sebagai penunjang sektor ketahanan pangan juga menjadi prioritas Pemprov. Khusus untuk sektor ini, setiap tahunnya Pemprov menganggarkan sekitar RP100 miliar.


[Sumber: Kadin Banten] 

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemprov Banten Opitimis Tiga Proyek Jalan di Banten Bernilai Ratusan Miliar Selesai Tahun ini

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan