Wabup Serang: Gerakan Pramuka Membentuk Jiwa yang Kolektif

Ansori S
Selasa, Maret 29, 2022 | 19:57 WIB Last Updated 2022-03-29T12:57:09Z
Foto: Wabup Serang Pandji Tirtayasa (ist) 

SERANG | Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Serang Pandji Tirtayasa melantik Majlis Pembimbing Ranting, Pengurus Kwartir Ranting dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Pramuka Kwartir Ranting Kopo masa bhakti 2022-2025 di Aula Kecamatan Kopo pada Selasa 29 Maret 2022. Pandji berharap dilaksanakannya pelantikan akan membangun suasana dan semangat baru, serta darah segar untuk kembali pada jati dirinya.


"Karena Gerakan Pramuka Gerakan yang memang membentuk karakter, membentuk kepribadian bangsa, membentuk karakter pemuda yang punya kepribadian, membentuk jiwa kolektif, jiwa disiplin, jiwa bertanggung jawab di kalangan anak muda," tegas Pandji.


Wakil Bupati Serang ini berharap para kader gerakan pramuka kedepannya menjadi aset-aset masa depan, menjadi aset bangsa di masa yang akan datang. 


"Contohnya Pak Katibi aktivis pramuka sejak SD, SMP dan sekarang sudah menjadi aset, sudah menjadi Kapolsek, menjadi pejabat Polda Banten. Kalau berangkat dari pramuka ketika memegang amanah, memegang jabatan orang ini bisa di pertanggung jawabkan. Itu biasanya seperti itu," tegas Pandji lagi.


Pandji pun bercerita, bertemu dengan petinggi militer dan beberapa jendral yang semuanya mengatakan sama halnya berangkat dari aktivis pramuka.


"Nah biasanya yang berangkat dari Pramuka ketika mengemban amanah pada jabatan publik atau jabatan militer maupun kepolisian, dia akan menunjukan kelasnya yang mempunyai kepribadian bertanggung jawab dan jiwa kolektif. Ini lah jadi ciri dasar dari Pramuka," tandas Pandji.


Turut hadir pada pelantikan tersebut Wakil Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Serang Aat Supriyadi dan puluhan pengurus Kwartir Pramuka Ranting Kopo.


Ketua Kwartir Ranting Pramuka Kopo Jaenudin mengatakan setelah di lantik pihaknya akan menyusun program kerja dan di laksanakan program gerakan pramuka, terutama adalah bina muda dan bina masa tentang peserta didik dan para pembina.


"Hal itu guna mencapai generasi lebih baik, lantaran secara potensi di Kopo sangat baik karena kita selalu mewakili tingkat Kabupaten Serang," ujarnya. 


Sedangkan untuk Kader Gerakan Pramuka di Kecamatan Kopo, Jaenudin menyebutkan sebanyak 5 ribu kader baik bina muda dan bina masa dan gugus depan.


[Ansori]

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wabup Serang: Gerakan Pramuka Membentuk Jiwa yang Kolektif

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan