Ide Kreatif, Camat Carenang Fungsikan Lahan Tidur untuk Budidaya Ikan Nila

Ansori S
Tuesday, May 10, 2022 | 18:17 WIB Last Updated 2022-05-10T11:17:00Z
Dok. Budidaya Ikan Bila di Lahan Kosong Kantor Kecamatan Carenang (ist) 

SERANG | Terobosan baru tengah ditempuh Pemerintah Kecamatan Carenang dalam membudidayakan ikan Nila dengan cara memanfaatkan lahan tidur dengan membuat balong (kolam ikan) di halaman Kecamatan Carenang Kabupaten Serang-Banten. 


Camat Carenang Arief Roikhan selalu memiliki inovasi dan gagasan, untuk menciptakan hal positif. Yang mana sebelumnya ia membuat pasar takjil selama bulan puasa dan berhasil, kini dirinya membuat ide membuat kolam ikan untuk membudidayakan ikan Nila dengan memanfaatkan lahan tidur yang berada di halaman kantor Kecamatan. 


"Halaman kantor Kecamatan ini luas jadi sayang kalau tidak produktif, mending kita manfaatkan untuk kolam ikan dan palawija," kata Arief, saat ditemui di lokasi, Selasa (10/5/2022). 


Arief mengatakan, tujuan membuat kolam ikan Nila ini dengan sistim Bioflok, karena ikan Nila bisa memulai praktik yang bagus untuk di kembangkan. 


"Jadi budidaya ikan Nila dengan cara Bioflok. Tentunya prospek yang sangat bagus, karena ikan nila itu menjadi komoditas, karena ikan nila sendiri memiliki banyak permintaan. Bahkan di Kabupaten Serang sendiri membutuhkan 30 ton perhari. Apalagi ikan nila sendiri ikan jenis konsumsi sehari-hari oleh masyarakat dan hidup di air tawar tentunya ikan ini mudah di kembang biakan," jelasnya. 


Sementara itu Sekmat Carenang H.Aslahudin sangat mengapresiasi dengan ide dan gagasan pak Camat karena itu perlu di dukung dan di pelihara bersama. 


"Bilamana kalau ini berhasil kita akan coba kembangkan ke Desa melalui DD yang 20% itu untuk ketahanan pangan. Mungkin untuk tahun ini telat, namun untuk kedepan di tahun 2023 itu kita arahkan ke budidaya ikan Nila tersebut," ujarnya. 


H.Aslahudin berharap, agar bisa merawat bersama sama. Jika budidaya ikan ini berhasil dalam tiga bulan ini, maka ini panen perdana, dan untuk sementara pembuatan kolam baru 90%.


"karena dari mulai menebar benih sampai panen nanti hanya berjarak tiga bulan dan kesuluruhan ada sepuluh kolam, yang InsyaAllah kalau ini berhasil akan jadi centra terbesar se-kabupaten Serang, makanya dengan tehnik budidaya yang sangat mudah serta pemasaran lebih luas sehingga di harapkan budidaya ikan nila ini sangat layak," tandasnya. 


[Nurlan]

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ide Kreatif, Camat Carenang Fungsikan Lahan Tidur untuk Budidaya Ikan Nila

No comments:

Post a Comment

Kirimkan Komentar Anda di Kolom ini

Trending Now

Iklan