Praktikan Pembuatan Ecoenzym PKK Kecamatan Carenang Diapresiasi Ketua DPRD Kabupaten Serang

Ansori S
Senin, Juni 27, 2022 | 17:37 WIB Last Updated 2022-06-27T10:42:26Z
Dok. Praktik pembuatan Ecoenzym di TP PPK Kecamatan Carenang (ist) 

SERANG | Pembuatan Ecoenzym yang di gagas TP PKK Kecamatan Carenang, Kabupaten Serang-Banten langsung di praktekkan Ke seluruh ibu ibu PKK se_Kecamatan Carenang. 


Praktek pembuatan Ecoenzym berlangsung di Aula kantor Kecamatan Carenang, dengan memberdayakan ibu ibu PKK se_Kecamatan Carenang tentunya ide dan gagasan yang positif. 


TP PKK Kecamatan Carenang Vina menjelaskan untuk praktek pembuatan Ecoenzym ini kita berdayakan ibu ibu PKK seKecamatan Carenang dengan bahan buah-buahan. 


"Dalam praktek pembuatan Ecoenzym ini adalah larutan kompleks hasil fermentasi dari limbah organik seperti limbah buah dan sayuran dengan gula merah atau molase dan air bantuan mikroorganisme," jelasnya. 


Ia menjelaskan, untuk campuran 10 ml atau 1ml jadi 1 liter air, ini sebetulnya untuk tumbuh tumbuhan dan cara menyiramnya pun cukup sekali saja, maka tumbuhan akan cepat berbuah dan lebat, selain itu dapat juga seperti anti radiasi untuk di ruangan. 


"Seperti yang di buat PKK Desa Walikukun dan Pamanuk untuk bahan seperti buah buahan, melon, alpukat, mangga, jeruk, pepaya, buah naga, setelah itu di masukkan ke dalam 5 liter air, untuk buah buahan sekitar 1,5 kg dan 500 gr gula merah," jelasnya. 


Pada kegiatan ini, Vina juga bersyukur atas kedatangan Ketua DPRD kabupaten Serang ke kantor Kecamatan Carenang dalam rangka melihat proses pembuatan Ecoprint, Ecoenzym, Bioflok dan Kombucha 


"Saya sangat bersyukur sekali atas kehadiran bapak ketua Dewan. Tentunya ini membuat semangat PKK Kecamatan Carenang terutama bagi para ibu ibu pengrajin disini untuk terus menghasilkan karya-karya yang berkualitas," ujarnya.


Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Serang Bahrul Ulum mengapresiasi kegiatan yang di gagas oleh Camat maupun ibu Camat Carenang terkait ide ide gila yang di gagas keduanya. 


"Setiap Daerah setiap Kecamatan dan Desa Pasti punya potensi potensi. Jika pimpinannya mempunyai inovasi inovasi dan mau cape, mau melakukan ide ide gila yang di tuangkan secara positif," kata Ulum. 


Ia meyakini di semua wilayah ada, akan tetapi hanya baru Carenang yang bikin ide gila untuk mengangkat potensi potensi yang ada di Carenang. 


"Oleh karena itu, saya mengapresiasi luar biasa kepada Arif Roikhan selaku Camat Carenang dimana ide gilanya. Terutama tentang pemberdayaan masyarakat dalam rangka peningkatan dan menumbuh kembangkan ekonomi kecil menengah, dimana selama dua tahun ini terasa dampak dari pandemi sehingga inovasi gerakan terhadap peningkatan menggali, mengembangkan, potensi potensi yang ada di Carenang ini sangat luar biasa saya apresiasi itu," tandasnya. 


Mudah mudah, lanjut Ulum, empat Prodak ini menjadi prodak unggulan baik itu Ecoprint, Ecoenzym, Bioflok dan minuman Kombucha ini bisa dikembangkan lebih baik lagi. 


"Mudah mudahan kedepan bisa lebih baik lagi, bisa menjadi target konsumen. Dan empat prodak ini menjadi sentra kelebihan di kecamatan Carenang yang bisa go publik," tukasnya. 


[Nurlan]

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Praktikan Pembuatan Ecoenzym PKK Kecamatan Carenang Diapresiasi Ketua DPRD Kabupaten Serang

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan