Berhasil Ciptakan Bioflok, Kecamatan Carenang jadi Percontohan Budidaya Ikan Tawar

Ansori S
Rabu, Juli 27, 2022 | 11:19 WIB Last Updated 2022-07-27T04:19:29Z
Dok. Istimewa

SERANG | Dinas Ketahanan pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Serang bersosialisasi tentang teknis budidaya ikan tawar di Aula Kecamatan Carenang Kabupaten Serang-Banten, Selasa (26/7/2022). 


Pada acara tersebut pembudidaya ikan dari empat Kecamatan hadir dalam sosialisasi teknis dengan kegiatan penjaminan ketersediaan sarana pembudidaya ikan. 


Kadis Ketahanan pangan dan perikanan Suhardjo mengatakan, sosialisasi pembinaan pembudidaya ikan air tawar dari empat Kecamatan yaitu Kecamatan Carenang, Binuang, Tanara dan Tirtayasa itu khusus pembudidaya air tawar, terkecuali dari Pontang itu khusus air payaw 


"Sengaja kita datang supaya mereka bisa mengembangkan potensi yang ada, kita yang kemarin di pandang bahwa Carenang itu susah pengembangan ikannya ternyata ada contoh bioflok yang ada di Carenang ini memotivasi buat kami dan buat Dinas," katanya. 


Ia juga berharap hal ini dapat menjadi motivasi bagi masyarakat, sehingga menjadikan daerah yang dulunya susah pengembangannya sekarang menjadi sentra budidaya ikan nila, apalagi kebutuhan ikan masih sangat sangat masih kurang. 


"Mudah-mudahan dengan pembudidaya yang ada di Carenang ini akan muncul kebutuhan perikanan dari kita sendiri, dan tentunya ini efeknya akan mensejahterakan masyarakat untuk meningkatkan konsumsi ikan," ujarnya m


Ditempat yang sama, penyuluh perikanan Kecamatan Carenang Tedy Gumelar mengu capkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah menggelar acara sosialisasi ini. 


"Semoga dengan adanya acara ini bisa menambah ilmu dan wawasan dari budidaya Bioflok yang ada di Kecamatan Carenang, agar mereka bisa berkembang perikanannya dan bisa bermanfaat dan bisa menambah kesejahteraan keluarga," ucapnya. 


"Alhamdulillah dari Carenang sendiri sudah ada pelopor yaitu Pak Camat dengan biofloknya lebih baik lagi dan sukses untuk perkembangan biofloknya," imbuhnya. 


Camat Carenang Arif Roikhan mengatakan Bioflok itu tidak berorientasi pada hasil produksi, tapi lebih ciptakan untuk laboratoriumnya masyarakat di Kabupaten Serang Khususnya di Kecamatan Carenang 


"Jadi siapa saja silahkan untuk belajar Bioflok ini dan saya mengucapkan terima kasih kepada Kadis Ketahanan pangan dan perikanan yang telah memilih Kecamatan Carenang sebagai Locus untuk pelatihan budidaya ikan air tawar. Jadi sejalan dengan keinginan saya bahwa Kecamatan Carenang mempunyai laboratorium untuk berlatih dan belajar budidaya ikan nila yang baik dan mendapatkan hasil yang optimal," ucapnya.


[Redaksi]

iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Berhasil Ciptakan Bioflok, Kecamatan Carenang jadi Percontohan Budidaya Ikan Tawar

Tidak ada komentar:

Trending Now

Iklan